Dukung Pengembangan Industri Hulu Migas, PTK Ikuti Pra Forum Kapnas

Jum'at, 01 Juli 2022 - 18:37 WIB
loading...
Dukung Pengembangan Industri Hulu Migas, PTK Ikuti Pra Forum Kapnas
PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) ikut serta dalam ajang Pra Forum Kapasitas Nasional wilayah Kalimantan-Sulawesi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Trans Kontinental ( PTK ) mengikuti ajang Pra Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) wilayah Kalimantan-Sulawesi yang diadakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas ( SKK Migas ) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pada 21-22 Juni 2022.

Kegiatan yang digagas SKK Migas ini mempertemukan para pemangku kepentingan industri hulu migas di area operasi Kalimantan dan Sulawesi. Pertemuan Pra-Forum ini merupakan bagian dari rangkaian acara kegiatan Forum Kapasitas Nasional Tahun 2022, yang tahun ini bertema "Peningkatan Kapasitas Nasional untuk Memperkuat Peran Indonesia pada Industri Hulu Migas".

Baca Juga: SKK Migas Dorong Kualitas Ekspor Industri Penunjang Hulu Migas Bersaing di Pasar Global

Adapun tujuan kegiatan pra forum ini merupakan wadah business matching, juga sarana SKK Migas serta KKKS dalam menyampaikan kebijakan atau petunjuk kerja terkini. WakilKepala SKK Migas Fatar Yani menyampaikan bahwa SKK Migas dan KKKS senantiasa melakukan program pengembanganmasyarakat dalam bentuk peningkatan kapasitas dan pendampingan usaha untukmeningkatkan daya saing pemasok nasional atau improvement of national suppliercompetitiveness.

"Dengan demikian masyarakat di wilayah operasi dapat memenuhikualifikasi dan standardisasi kegiatan usaha di sektor penunjang migas," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (1/7/2022).

Deputi Dukungan Bisnis sekaligus Plt Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Miga, Rudi Satwikomenambahkan, SKK Migas terus berkomitmen agar TKDN di sektor hulu migas nasional terusmeningkat. "Sangat nyata bahwa program pembinaan dan penilaian telahmelahirkan banyak industri-industri pabrikan yang berhasil mensubstitusi produk-produk impor," katanya.

Turut hadir dalam Pra Kegiatan Forum Kapnas wilayah Kalimantan-Sulawesi ini, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan bahwa industri hulu migasdi Kalimantan Timur telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomianmasyarakat daerah.

"Program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh industri hulu migas sangatmembantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam membangun daerah danmemajukan masyakat sekitar kami," tuturnya.

Baca Juga: Beda Gaya Putin Terima Presiden Jokowi dan Macron

Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsul Azhari Idris mengatakan, pihaknyadan KKKS terus mencari peluang-peluang pelatihan serta usaha agarsemakin banyak lapangan kerja yang tercipta. Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepadapengusaha lokal, usaha kecil menengah (UKM) maupun koperasi untuk mengambilperan dalam mengembangkan industri hulu migas dan industri-industripenunjangnya.

SKK Migas mengharapkan kegiatan yang mempertemukan para pelaku industri hulu migas dan penunjangnya ini bisa menjadi peluang tersendiri terkait pengadaan barang dan jasa hulu migas, ataupun pengembangan potensi-potensimasyarakat yang belum digarap maupun yang perlu ditingkatkan lagi. Nantinya, forum ini diharapkan bisa mendorong peningkatan TKDN dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah operasi migas lebih banyak.

Direktur Pemasaran PTK Imam Bustomi menyampaikan, partisipasi perusahaan di kegiatan ini merupakan salah satu sarana PTK untuk membuktikan bahwa perusahaan mendukung penuh kegiatan hulu migas dan untuk lebih memperkenalkan bisnis PTK kepada stakeholder.
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1966 seconds (11.210#12.26)