Menteri Sandiaga Gandeng Mitra Strategis Kembangkan Desa Wisata

Senin, 04 Juli 2022 - 17:41 WIB
loading...
Menteri Sandiaga Gandeng Mitra Strategis Kembangkan Desa Wisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi destinasi Desa Widosari, Kabupaten Kulonprogo, DIY.
A A A
JAKARTA - Puncak Widosari memang terkenal dengan pemandangannya nan indah. Batu besar di atas bukit menjadi ikon. Itu telah ditetapkan sebagai warisan geoheritage oleh pemerintah pusat pada 2021 dari 20 situs geologi (Geosite) yang ada di Yogyakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi destinasi wisata tersebut. Tepatnya ke Desa Widosari.

Desa tersebut termasuk ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Itu merupakan program unggulan Kemenparekraf/Baparekraf sebagai penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia.

(Baca juga:Strategi Sandiaga Tingkatkan Nilai Tambah Pariwisata)

Desa Wisata Widosari telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni 1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), 2. Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), 3. Homestay, 4. Toilet umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), dan 7. Kelembagaan Desa. Desa Wisata Widosari akan menjadi peserta program Desa Sejahtera Astra (DSA) selama satu tahun ke depan.

Sandi ditemani Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengapresiasi prestasi Kabupaten Kulonprogo yang dua tahun berturut-turut wilayahnya masuk 50 desa wisata terbaik Kemenparekraf.

“Ini adalah bagian dari kabupaten yang back to back. Tahun lalu dapat, tahun ini dapat. Jarang sekali dari 514 kabupaten. Selamat kepada Kulonprogo dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Senin (47/2022).

(Baca juga:Sandiaga Gandeng Kemkominfo Kembangkan Kawasan Pariwisata)

Selain itu, Sandi mengungkapkan, kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Astra dan mitra strategis lain dalam membangun desa wisata berdampak banyak terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat pascapandemi.

“Januari akan ada ASEAN Tourism Forum di Yogyakarta. Dan kita akan gelorakan desa-desa wisata sekeliling Yogyakarta ini, untuk menjadi tujuan travel plan dari para degelasi di 10 negara ASEAN yang akan hadir di Yogyakarta, termasuk juga di Desa Wisata Widosari,” terang Sandi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1447 seconds (11.252#12.26)