Kemenhub Siap Bangun Transportasi Dukung Kawasan Industri Batang

Selasa, 05 Juli 2022 - 18:20 WIB
loading...
Kemenhub Siap Bangun Transportasi Dukung Kawasan Industri Batang
Ilustrasi kawasan industri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah yang tengah dibangun akan didukung dengan pembangunan infrastruktur transportasi pelabuhan , yang ekonomis, agar biaya operasionalnya tidak mahal.

Menhub menjelaskan, telah dikoordinasikan dengan Pelindo untuk membangun dan mengoperasikan pelabuhan feder ke pelabuhan besar lainnya. Sementara itu, dry port kereta api akan dibangun, dimana lintasan KA di antara pelabuhan dan kawasan industri sangat ideal untuk mendapatkan biaya logistik yang efisien.

“KITB adalah pusat kawasan industri terpadu. Jadi harus benar-benar memikirkan bagaimana operasional pelabuhan berjalan dengan baik. Operasional pelabuhan berjalan baik apabila ada satu runtutan operasi yang mudah dan efisien,” ujar Menhub saat mengecek progres pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi untuk mendukung konektivitas dari dan menuju KITB, dikutip Selasa (5/7/2022).



Menhub mengungkapkan, akan membahas lebih detail terkait teknis operasional pembangunan pelabuhan di KITB dengan sejumlah pihak. Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di kawasan industeri tersebut, di antaranya sektor kereta api dengan pengembangan Stasiun Plabuan dan reaktivasi jalur KA Semarang, Tawang – Pelabuhan Tanjung Emas.

Sementara di sektor laut, yaitu pembangunan pelabuhan daratan (dry port) dan pembangunan jetty/trestle/dermaga. Adapun pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi tersebut mulai dibangun dari tahun 2022 hingga 2024.



Menhub menggunakan kereta inspeksi dari Stasiun Plabuan Batang ke Stasiun Semarang Tawang, untuk mengecek progres pembangunan perbaikan talud/tanggul penahan banjir rob air laut, memastikan alur masuk Pelabuhan Tanjung Mas agar berjalan lancar dan terjamin keselamatannya, serta memastikan lampu navigasi beroperasi normal. Selain itu, Menhub juga memastikan progres pembangunan tanggul Pelabuhan Tanjung Emas pasca banjir berjalan sesuai rencana, berkolaborasi Kementerian PUPR dan PT. Pelindo.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)