5 Penghargaan di AKHLAK Award Selaras dengan Capaian Kinerja KBI

Kamis, 07 Juli 2022 - 19:30 WIB
loading...
5 Penghargaan di AKHLAK Award Selaras dengan Capaian Kinerja KBI
PT KBI raih lima penghargaan di ajang AKHLAK Award 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Kliring Berjangka Indonesia ( KBI ) meraih lima penghargaan di Ajang AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian BUMN pada 5 Juli 2022 lalu. Penghargaan ini merupakan penilaian atas upaya dan konsistensi KBI dalam menjalankan core value BUMN, yaitu adaptif, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif dalam setahun terakhir. Ajang AKHLAK Award yang diselenggarakan Kementerian BUMN tahun 2022 ini diikuti oleh 141 perusahaan yang terdiri dari 39 BUMN dan 102 anak perusahaan BUMN.



Dalam acara penghargaan yang dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR Bambang Soesatyo, serta Wakil Ketua KPK Nurul Gufron ini, KBI meraih lima penghargaan, yaitu ; (1) Total Indeks Implementasi AKHLAK di Kluster Danareksa, (2) Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Amanah, (3) Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Loyal, (4) Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Adaptif, dan (5) Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Kolaboratif.

Implementasi core value BUMN ini telah menjadi dasar dalam program pengembangan sumber daya manusia yang ada di KBI. Dalam situasi dunia yang penuh dengan perubahan dan tantangan, tentunya KBI harus menyiapkan SDM yang tidak hanya andal, namun juga memiliki AKHLAK yang baik.

Untuk itu, berbagai kegiatan telah dijalankan KBI secara konsisten untuk membumikan core value ini ke dalam kegiatan karyawan sehari-hari. Demikian disampaikan Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya di ajang tersebut mengatakan, semua BUMN agar terus-menerus dan konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaan, dan nilai-nilai AKHLAK ini bisa diterapkan dalam lingkup yang lebih luas, yaitu keluarga dan bermasyarakat.

"Penerapan nilai akhlak ini saya yakin dapat mempererat persatuan kita sebagai bangsa yang pada saat ini tentu mendapatkan tekanan berat secara global. Kita harus menjadi negara yang kokoh mengembangkan SDM, dan ini tentunya untuk membawa kita ke depan, juga terkait regenerasi, serta kontinuitas ke depan,” kata Erick, dikutip Kamis (7/7/2022).

Keberhasilan KBI dalam menerapkan core value AKHLAK ini, berbanding lurus dengan catatan kinerja yang dibukukan. Sepanjang tahun 2021, KBI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp101,6 miliar, atau mengalami peningkatan 53% dibandingkan tahun 2020 dengan laba bersih sebesar Rp66,4 miliar.



Peningkatan laba bersih ini ditopang dari pertumbuhan pendapatan operasional tahun 2021 yang meningkat sebesar 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2021, KBI berhasil membukukan pendapatan operasional sebesar Rp189,5 miliar, sedangkan di tahun 2020 pendapatan operasional yang diperoleh mencapai Rp170 miliar.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)