Pertama di Indonesia, Jakarta Bakal Punya Pedestrian Tunnel 80 Meter Senilai Rp150 Miliar

Jum'at, 08 Juli 2022 - 21:30 WIB
loading...
Pertama di Indonesia, Jakarta Bakal Punya Pedestrian Tunnel 80 Meter Senilai Rp150 Miliar
Direktur Utama PT Wisma Kartika Alvin Gozali mendampingi Gubernur Anies Baswedan meninjau informasi seputar pedestrian tunnel. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengembang kawasan Thamrin Nine, PT Putragaya Wahana, melalui perusahaan afiliasinya PT Wisma Kartika, Bank UOB, serta Pemerintah Provinsi Jakarta melakukan groundbraking Pedestrian Tunnel, yang menghubungkan Thamrin Nine UOB, dengan - Stasiun MRT BNI Dukuh Atas, kemarin (7/7/2022). Interkoneksi atau terowongan bawah tanah sepanjang 80 meter ini merupakan yang pertama di Indonesia.



Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Jakarta saat ini berada dalam tahap awal pengembangan kota menuju kota global. Salah satu indikasinya transportasi publik yang semakin terintegritas.

"Satu ciri dari sebuah kota global adanya transportasi umum yang telah dikembangkan dengan baik, dan warganya menggunakan transportasi publik itu, " ujar Gubernur DKI Jakarta saat seremonial ground breaking interconection Thamrin Nine - Stasiun MRT BNI.

Gubernur Anies menekankan, pembangunan trasportasi publik di Jakarta menuju kota global adalah mengintegrasikan semua moda angkutan umum yang ada di Jakarta. Sejak lama Jakarta telah memiliki transportasi publik namun belum terkoneksi dengan baik.

Inisiasi pembangunan interkoneksi bawah tanah ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembangunan Bangunan dan Fasilitas Interkoneksi Thamrin Nine UOB–Stasiun Dukuh Atas BNI.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Direktur Utama PT Wisma Kartika Alvin Gozali, dan disaksikan oleh Anies Baswedan dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

Alvin Gozali mengatakan, interkonesi bawah tanah ini akan dibangun oleh PT Putragaya Wahana serta perusahaan afiliasinya, PT Wisma Kartika, yang merupakan perusahaan pengembang kawasan Thamrin Nine yang membangun gedung UOB, Autograph Tower, dan Luminary Tower.

“Jadi kita sebagai main develover kawasan Thamrin Nine. Kita bangun MRT tunnel ini di tanahnya Pemprov DKI, tunnelnya dihibah ke DKI dan PT MRT,” ujarnya.

Interkoneksi sepanjang 80 meter ini dibiayai sepenuhnya oleh PT Wisma Kartika dan UOB sebesar Rp150 miliar. Sementara pengelolaan MRT tunnel ini nantinya akan dilakukan dengan joint operation antara PT PGW, Bank UOB, Wima Kartika, dan PT MRT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)