Pahami Pentingnya Deposito sebagai Instrumen Investasi

Rabu, 13 Juli 2022 - 09:20 WIB
loading...
Pahami Pentingnya Deposito sebagai Instrumen Investasi
MotionBanking dihadirkan untuk mendekatkan layanan perbankan kepada masyarakat. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Deposito merupakan instrumen investasi yang dikeluarkan oleh bank dengan imbal hasil berupa suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Namun, pencairan dana simpanan di deposito tidak dapat dilakukan setiap waktu, melainkan sesuai dengan jangka waktu dan syarat tertentu.

Umumnya, masyarakat mengenal deposito sebagai tempat menyimpan uang tabungan dalam periode tertentu dengan bunga yang relatif tetap. Deposito merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang yang populer dipilih karena aman dan terpercaya karena telah dijamin dan tercatat di Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Deposito juga identik sebagai instrumen investasi dengan resiko rendah sehingga banyak digemari oleh para investor pemula.



Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari memilih deposito sebagai instrumen investasi yang Anda gunakan:

1. Pilihan investasi yang paling mudah
Deposito memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk bank lain. Prinsipnya adalah semakin banyak uang yang disimpan, maka suku bunga yang didapat juga semakin besar.

Hal ini menjadikan deposito sebagai pilihan investasi yang bagus terutama bagi pemula yang ingin berinvestasi secara mudah dan tetap mendapatkan keuntungan.

2. Rendah resiko
Investasi dengan menggunakan deposito memiliki tingkat kegagalan yang lebih rendah. Tidak seperti instrumen investasi lainnya, dengan deposito Anda tidak perlu mengamati dan menganalisa harga pasar untuk menentukan keuntungan.

3. Lebih aman dan konsisten
Deposito berjangka mendorong Anda untuk menabung secara lebih disiplin karena uang yang disimpan tidak mudah untuk diambil sebelum kurun waktu yang ditentukan. Apabila hal ini dilanggar, maka Anda akan dikenakan biaya penalti sesuai dengan ketentuan dari bank yang bersangkutan.

4. Pendapatan sesuai tenor
Keuntungan dapat diambil sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Anda juga bisa menyetorkan kembali dan tetap mendapatkan bunga sesuai dengan tenor.

Seringkali bank yang berbeda menawarkan suku bunga yang berbeda pula untuk tiap jangka waktu yang disediakan. Namun, biasanya suku bunga deposito yang ditawarkan masih di bawah tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia. Apabila Anda ingin memilih deposito sebagai instrumen investasi, pastikan juga bahwa bank yang Anda pilih telah terdaftar di LPS, sehingga dana yang Anda simpan mendapat jaminan keamanan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)