Desa Devisa Klaster Udang Bakal Kian Dongkrak Ekspor Si Bungkuk

Jum'at, 15 Juli 2022 - 19:23 WIB
loading...
Desa Devisa Klaster Udang Bakal Kian Dongkrak Ekspor Si Bungkuk
LPEI hadirkan desa devisa kluster udang untuk memperkuat ekosistem ekspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ekspor sebagai salah satu indikator perekonomian suatu negara ditopang dengan keberadaan ekosistem yang tangguh dan berkelanjutan. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPEI )/ Indonesia Eximbank sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam peningkatan ekspor nasional turut mendukung penguatan ekosistem ekspor dari beragam potensi komoditas yang ada di Tanah Air. Salah satunya dengan pembentukan Desa Devisa Klaster Udang di Situbondo, Jawa Timur, yang merupakan pemasok dari eksportir produk olahan udang.



“Ekspor udang Indonesia merupakan salah satu komoditas unggulan dari ekspor perikanan secara keseluruhan. Porsinya mencapai 55% sehingga perlu kita dukung dari hulu hingga ke hilir. Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Wilayah Situbondo yang akan menjadi Desa Devisa Klaster Udang merupakan komitmen LPEI untuk memperkuat ekosistem ekspor. Harapannya selain Pokdakan dapat menjadi lebih optimal sebagai pemasok, masyarakat yang terlibat juga menjadi lebih sejahtera,” ujar Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso pada Acara Peresmian “Desa Devisa Klaster Udang” di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (15/7/2022).

Pemilihan komoditas udang didasari oleh potensinya. Berdasarkan data dari Indonesia Eximbank Institute LPEI, selama Januari-Mei 2022 ekspor udang dan olahannya mengalami peningkatan hingga 17,56% (YoY) atau mencapai USD1,27 miliar dengan negara tujuan ekspor utama yaitu Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Vietnam, dan Thailand.

Desa Devisa Klaster Udang terbentuk melalui business linkage yang dilakukan oleh LPEI kepada eksportir produk olahan udang. Pokdakan di Wilayah Situbondo menjadi sasaran LPEI dalam memberikan pendampingan dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor udang vaname melalui indirect export, menciptakan ekosistem ekspor yang berkelanjutan hingga menciptakan kepastian hasil panen petambak. Desa Devisa ini memiliki komoditi unggulan udang vaname, terdapat sekitar 20 petambak udang dari 4 kecamatan dan 6 desa di Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

“Pada program Desa Devisa kali ini, LPEI akan memberikan pendampingan yang terdiri dari tiga aspek utama yaitu kelembagaan, produksi dan akses pembiayaan. Pada aspek kelembagaan, pokdakan akan mendapatkan pelatihan penguatan manajemen dan penyusunan laporan keuangan. Dari sisi produksi, LPEI akan memberikan kincir air dan palet serta pendampingan sistem budidaya udang yang intensif. Selain itu, LPEI juga akan memberikan pendampingan kepada pokdakan untuk mendapatkan fasilitas akses pembiayaan,” jelas Riyani.

Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., M.H. yang turut menyaksikan peresmian Desa Devisa Kluster Udang juga mengapresiasi atas sinergi dan komitmen yang diberikan oleh LPEI. Menurutnya, program desa devisa memberi kesempatan bagi wilayah yang memiliki produk unggulan berorientasi ekspor untuk mengembangkan potensi secara ekonomi, sosial dan lingkungan bagi kesejahteraan masyarakatnya.



"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan kerja sama dari LPEI," kata Khoirani.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3667 seconds (0.1#10.140)