Pertamina Optimalkan Nilai Tambah Fasilitas HSE TC Sungai Gerong

Rabu, 20 Juli 2022 - 09:56 WIB
loading...
Pertamina Optimalkan Nilai Tambah Fasilitas HSE TC Sungai Gerong
Pelatihan penanganan kondisi darurat api di fasilitas HSE Training Center Sungai Gerong, Palembang, Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) saat ini telah menjadi komitmen utama dalam operasional setiap perusahaan. Terkait dengan itu, PT Pertamina (Persero) mendorong optimalisasi pemanfaatan fasilitas HSE Training Center (HSE TC) Sungai Gerong, Palembang, Sumatera Selatan, baik untuk lingkungan internal maupun eksternal.

VP HSSE Pertamina Deddy Syam menuturkan, fasilitas HSE TC Sungai Gerong di Palembang, Sumatera Selatan, hingga kini merupakan yang terbesar di Indonesia. Dengan area lebih dari 28 hektare, terdapat berbagai fasilitas pelatihan yang tidak dimiliki oleh fasilitas lainnya seperti simulasi helicopter, underwater rescue, sea survival. Selain itu ada juga fasilitas high angle rescue, fire ground, smoke chamber, serta simulator fire fighting.

"Ini tempat yang diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia pada umumnya dan Pertamina pada khususnya untuk berlatih skill HSSE. Untuk itu, ke depan tidak hanya Pertamina yang bisa training di sini," kata Deddy, Rabu (20/7/2022).



Deddy menambahkan, tak hanya berkaitan dengan keselamatan kerja, penerapan HSSE juga berdampak langsung terhadap peringkat Environmental, Social and Governance (ESG) perusahaan. Di mana, salah satu indikator terbesar penentuan peringkatnya adalah kesiapan di bidang HSSE.

"HSSE bagian dari ESG itu rating kita untuk dapat investor. Kalau rating ESG bagus, investor bagus. Dan 60% ESG itu dari HSSE," ujarnya.

HSE TC Sungai Gerong adalah salah satu fungsi di bawah Pertamina Corporate University (PCU) dan Direktorat Sumber Daya Manusia Pertamina. "HSE TC PCU Sungai Gerong sebagai satu-satunya tempat pelatihan HSE di Pertamina dan terbesar di Indonesia. Kami memiliki visi selain menjadikan Perwira lebih profesional dan kompeten, juga meningkatkan value dari HSE TC untuk menambah jumlah customer, baik internal maupun eksternal Pertamina," jelas VP Pertamina Corporate University Yan Martes Andreas.



SVP Human Capital Management Pertamina Lelin Eprianto menambahkan, HSE TC Sungai Gerong sudah bisa mengakomodir berbagai syarat untuk melakukan berbagai kegiatan pelatihan kelas dunia, khususnya untuk penyelematan dari kebakaran yang merupakan salah satu risiko terbesar di bisnis hulu migas.

Menurut Lelin, manajemen berkomitmen agar keberadaan HSE TC Sungai Gerong juga turut andil dalam peningkatan keselamatan kerja di bisnis hulu migas Tanah Air secara keseluruhan. "Untuk itu, koordinasi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) terus ditingkatkan. Jadi tidak hanya perusahaan di lingkungan Pertamina yang bisa merasakan manfaatkan fasilitas HSE TC Sungai Gerong," katanya.

Bahkan, imbuh Lelin, tidak hanya KKKS, BUMN lain juga apabila diperlukan bisa mendapat pelatihan HSSE di Sungai Gerong. "Sangat bisa, jadi bukan hanya KKKS saja," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)