Daftar Terbaru 5 Orang Terkaya Dunia, Nomor 4 Raja Infrastruktur India

Kamis, 21 Juli 2022 - 15:05 WIB
loading...
Daftar Terbaru 5 Orang Terkaya Dunia, Nomor 4 Raja Infrastruktur India
Taipan infrastruktur India, pemimpin dan pendiri Adani Group, Gautam Adani. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Perang, pandemi dan pasar yang lesu menyebabkan pundi-pundi uang orang-orang terkaya di dunia menipis. Data terbaru Forbes menunjukkan, kekayaan kumulatif 2.668 orang terkaya di bumi tahun ini turun sekitar USD400 miliar dibandingkan tahun 2021 menjadi USD12,7 triliun.

Kendati demikian, harta yang dimiliki orang-orang terkaya dunia ini nilainya tetap mencengangkan. Berikut 5 orang terkaya dunia tahun 2022 berdasarkan daftar Real-time Billionaire Forbes:



1. Elon Musk
Miliuner pendiri Tesla dan SpaceX yang tengah menjadi bahan pembicaraan setelah batal mengakuisisi Twitter ini masih betah di urutan teratas daftar manusia paling tajir sedunia.

Musk mengumpulkan kekayaan bersih mencapai USD235,8 miliar (sekitar Rp3.513 triliun pada kurs Rp14.900/USD) dari berbagai bisnis yang dimilikinya. Nilai kekayaan pria berusia 51 tahun ini tercatat bertambah USD1,4 miliar dari sebelumnya.

2. Bernard Arnault dan Keluarga
Pada posisi kedua bertengger taipan dunia fashion asal Prancis Bernard Arnault dan keluarga dengan kekayaan bersih USD155,2 miliar (sekitar Rp2.312 triliun).

Forbes mencatat kekayaan sosok di balik LVMH yang menguasai sejumlah brand produk mewah dunia ini turun tipis sekitar USD577 juta dibandingkan sebelumnya.

3. Jeff Bezos
Di tempat ketiga duduk pendiri dan pemimpin Amazon, Jeff Bezos. Kekayaan pemilik perusahaan roket Blue Origin ini tercatat sebesar USD148,4 miliar (sekitar Rp2.211 triliun).

Seperti halnya Elon Musk, pundi-pundi uang Jeff Bezos tahun ini juga semakin gemuk, yakni bertambah sebesar USD4,5 miliar atau sekitar Rp67 triliun.

4. Gautam Adani dan Keluarga
Merangkak ke posisi keempat orang terkaya dunia menggeser posisi Bill Gates adalah raja infrastruktur India, Gautam Adani. Gautam dan keluarganya menumpuk kekayaan sebesar USD114,7 miliar atau sekitar Rp1.709 triliun.

Gautam melalui konglomerasi usahanya, Adani Group, menguasai bisnis pelabuhan, pembangkit listrik, tambang batu bara dan energi terbarukan di India. Adani menguasai pelabuhan terbesar India, Mundra Port dan juga mengontrol bandara tersebuk kedua di India, Mumbai International Airport. Pria berusia 60 tahun ini juga bercita-cita menjadi produsen energi hijau terbesar dunia.



5. Bill Gates
Di tempat kelima adalah pendiri Microsoft Bill Gates dengan total kekayaan mencapai USD104,6 miliar (sekitar Rp1.558 triliun). Kendati tak aktif lagi memimpin perusahaan dan lebih banyak mencurahkan waktunya untuk kegiatan sosial, pundi-pundi uang Bill Gates tak berkurang, bahkan bertambah sebesar USD418 juta.

Demikian 5 orang terkaya di dunia terbaru versi Forbes dalam daftar Real-time Billionaire 2022. Forbes juga mencatat, dari sisi negara asal, Rusia mengalami penurunan dramatis jumlah miliuner yang masuk dalam daftar tersebut, pasca serangan Rusia ke Ukraina.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)