Program Kemitraan Pertamina Jadi Solusi Pendanaan bagi UMK

Kamis, 21 Juli 2022 - 15:48 WIB
loading...
A A A
"UMK terpilih sebanyak 67 yang mengusung konsep keberlanjutan, gender, ekonomi biru, hingga zero waste kemudian dibekali materi pelatihan dan pendampingan selama Mei hingga Juni. Pelatihan tersebut meliputi literasi finansial, literasi digital, branding, serta tips dan trik meningkatkan transaksi dalam berjualan online," jelasnya.



UMK yang terpilih saling melengkapi untuk mendorong bisnis kuliner dan wisata khas Kalimantan Selatan. "Pada acara puncak akan diumumkan 5 UMKM termasuk yang memiliki transaksi terbanyak setelah menerapkan materi pelatihan. Kami bersinergi dengan seluruh komponen untuk mempromosikan produk unggulan ini. Di satu sisi, dengan GBBI ini ada angkaian pengumpulan massa atau publik sehingga masyarakat didorong terus membeli produk unggulan UMK," kata Erwin.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Husin Ansari menuturkan, sebanyak 52,2% UMK masih bersifat informal dan kekurangan layanan finansial. Di sisi lain, kata Husin, jumlah UMK di Tabalong telah meningkat mencapai lebih dari 18.000 pada 2021. "Sayangnya, banyak UMK yang belum bankable," kata dia.

Pemda berharap, dengan adanya GBBI produk lokal Tabalong akan semakin berkembang. Husin menegaskan kolaborasi antara pemda dan swasta untuk memajukan UMK sangat penting karena Kabupaten Tabalong bakal berperan sebagai gerbang penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, Penajam Paser Utara.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)