Transformasi Digital, Bayar Pajak di Jember Kini Serba Online

Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:30 WIB
loading...
Transformasi Digital, Bayar Pajak di Jember Kini Serba Online
Pemerintah Kabupaten Jember terus meningkatkan layanan sistem digitalisasi kepada masyarakat. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Jember terus meningkatkan layanan sistem digitalisasi kepada masyarakat. Hal ini merupakan pelaksanaan program transformasi digital. Pembayaran pajak daerah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kini dilakukan serba online yang diberi nama Jember Mbayar Pajak Online atau J-Mbako.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa inovasi tersebut tujuannya untuk mempermudah masyarakat atau wajib pajak membayar kewajiban. Tak berhenti di situ Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember juga melakukan inovasi.



Untuk kecepatan dan ketepatan, Dinas ini menyelenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan kepada para operator Dispendukcapil di setiap Kecamatan. Melalui aplikasi SIAK, pencatatan kependudukan langsung tersentral ke pemerintah pusat untuk membangun problem solving.

"Kami berharap pelayanan adminduk bisa tuntas di kecamatan, bahkan di desa atau kelurahan," ujar dia dalam pernyataan tertulis, Jumat (22/7/2022).

Tak hanya itu, Kabupaten Jember juga sudah memiliki aplikasi Jember Membangun Melalui Keluarga disingkat J-Bangga. Aplikasi ini berada di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB).



Terdapat tiga pelayanan utama dalam aplikasi J-Bangga, yaitu J-Perempuan Berdaya, J-Keluarga Berkualitas serta J-Anak Terlindungi. Kini hadir pula inovasi berupa aplikasi SiKeren dan J-Kopi yang merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember. Inovasi digital tersebut ditandai dengan peresmian gedung baru Dinas Komunikasi dan Informatika yang beralamat di kompleks Gedung Serba Guna Kaliwates, Jember.

"Saya bangga dengan fasilitas baru yang kita miliki. Lebih bangga lagi karena Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember bisa berinovasi, tidak kalah dengan daerah lainnya. Ini sebagai bukti bahwa Jember semakin keren," tutup Hendy.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)