Perdana, Isi Baterai Kendaraan Listrik Bisa di Gerai KFC

Senin, 25 Juli 2022 - 15:27 WIB
loading...
Perdana, Isi Baterai Kendaraan Listrik Bisa di Gerai KFC
KFC resmi menjadi sektor ritel pertama, yang melakukan ekspansi bisnis ke SPKLU. FOTO/dok.PLN
A A A
JAKARTA - PT PLN menggandeng PT Fastfood Indonesia Tbk, yang menaungi waralaba restoran KFC dan Taco Bell, untuk memperluas bisnisnya. KFC resmi menjadi sektor ritel pertama , yang melakukan ekspansi bisnis ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, sinergi ini dilakukan melalui kerja sama Partnership Investor Owned Investor Operate (IO2) yang ditawarkan PLN, di mana KFC mengembangkan SPKLU di gerai KFC-Taco Bell Artha Gading.

"SPKLU IO2 merupakan wujud kerja sama antara PLN dengan PT Fastfood Indonesia Tbk, yang menaungi KFC dan Taco Bell, serta PT Agra Surya Energy selaku mitra bisnis PT Fastfood Indonesia Tbk," kata Darmawan dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Gandeng MCAS, PLN Kembangkan Fitur Aplikasi Penukaran Baterai Kendaraan Listrik

Dia mengatakan, untuk bisa mengakselerasi peningkatan infrastruktur kendaraan listrik, diperlukan kerja sama semua pihak. Dengan tersedianya infrastruktur kendaraan listrik yang memadai, hal itu bisa menjawab keraguan bagi masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik.

"Untuk itu PLN membuka peluang kerja sama dengan semua pihak. Bisnis SPKLU ini adalah bisnis masa depan yang akan terus berkembang dengan tumbuhnya kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya.

Pihaknya sudah menyiapkan skema bisnis SPKLU ini, dengan sistem Partnership Investor Owned Investor Operate (IO2). Skema SPKLU Partnership IO2 itu terdiri dari tiga paket, yaitu Paket Medium Charger, Paket Fast Charger, dan Paket Ultra Fast Charger.

Baca Juga: Barisan Kendaraan Listrik Unik dan Canggih di PEVS 2022

Sebagai mitra, pihak KFC telah menyiapkan lahan, biaya investasi, dan operasional SPKLU di lokasi tersebut. Sedangkan PLN sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL), akan menyediakan infrastruktur SPKLU dan platform teknologi informasi, melalui menu Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile.

"Melalui program ini, PLN memberikan kemudahan pelayanan kepemilikan sekaligus pengurusan perizinan kepada para mitra, untuk bisa menjalankan bisnis dan meningkatkan ekosistem kendaraan listrik," ujarnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3720 seconds (10.101#12.26)