Keren, 20 UKM Siap Produksi Merchandise Resmi G20 Indonesia

Rabu, 27 Juli 2022 - 07:01 WIB
loading...
Keren, 20 UKM Siap Produksi Merchandise Resmi G20 Indonesia
Salah satu produk UKM yang akan menjadi merchandise resmi G20. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 20 Usaha Kecil Menengah (UKM) terpilih dan mendapat kepercayaan untuk memproduksi barang-barang merchandise resmi (official merchandise) bagi para tamu anggota G20 .

Para pelaku UKM tersebut setidaknya membawa 5 produk yang bakal menjadi merchandise untuk para tamu G20, yaitu produk fesyen dan aksesori sebanyak 8 UKM.

Selain itu ada tas dan alat perkantoran sebanyak 2 UKM, kosmetik, herbal dan wellness sebanyak 5 UKM, kerajinan sebanyak 4 UKM, dan custom packing sebanyak 1 UKM.

"Dalam mendukung perhelatan Presidensi G20 Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) telah melakukan kurasi produk melalui kurator independen untuk official merchandise G20 Indonesia," ujar Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (26/7/2022).

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Erick Thohir Pastikan Sarinah Jadi Wadah Komunitas dan UMKM

Menurut dia, 20 UKM terpilih ini merupakan hasil kurasi dari 1.204 UKM yang mendaftar. Proses kurasi pun dilakukan oleh kurator independen yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Teten menyatakan, saat ini isu pengembangan UMKM menjadi hal yang sangat strategis baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Dalam forum G20 sendiri, UMKM menjadi salah satu crosscutting, issue yang sangat strategis yang dibahas di berbagai working group, dan engagement group.

"Maka dari itu, Presidensi G20 Indonesia sendiri harus kita manfaatkan untuk promosi produk UKM artisan yang siap masuk pasar global," lanjutnya.

Baca juga: Peserta Forum EWG G20 Rampungkan Dua Dokumen Penting Ketenagakerjaan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3180 seconds (11.97#12.26)