Punya Potensi Cadangan Terbesar Dunia, Harta Karun Migas di Aceh Bisa Jadi Rebutan RI dengan Thailand

Kamis, 28 Juli 2022 - 13:55 WIB
loading...
Punya Potensi Cadangan Terbesar Dunia, Harta Karun Migas di Aceh Bisa Jadi Rebutan RI dengan Thailand
Potensi cadangan migas di perairan Aceh bisa sampai ke Thailand. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Potensi cadangan migas di perairan Aceh cukup menjanjikan. Hal itu sejalan dengan adanya penemuan cadangan baru di Wilayah Kerja (WK) Andaman.

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan bahwa temuan potensi migas terbesar dunia itu berpotensi menjadi rebutan antara Indonesia dengan Thailand. Pasalnya, WK Andaman masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif yang luasnya 200 mil laut bersinggungan dengan Thailand.

"Andaman Insyaallah ditemukan cadangan besar tapi juga gas untuk segera dieksplorasi kalau tidak nanti jadi problem tarik menarik internasional karena di wilayah zona ekonomi eksklusif dengan Thailand," kata Sugeng dalam Forum Kapasitas Nasional II 2022, di JCC Senayan, Kamis (28/7/2022).


Dia mengatakan bahwa dalam dunia hulu migas, reservoir minyak atau gas bumi bisa saja menyambung atau menyeberang ke negara tetangga. Sementara, wilayah Andaman sendiri berbatasan dengan negara Gajah Putih.

"Kalau memang terjadi cross border karena daerah perbatasan, kita harus melakukan kerja sama dengan Thailand dalam hal pengoperasionalan karena itu menyangkut zona ekonomi eksklusif 200 mil laut dengan ketentuan tentu," ujarnya.

Sebagai informasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan potensi minyak dan gas bumi (migas) di perairan Aceh menjanjikan seiring adanya penemuan cadangan terutama di Wilayah Kerja (WK) Andaman. Blok Andaman kemungkinan bisa masuk dalam area giant discovery yang berpotensi menjadi temuan cadangan migas terbesar di dunia.



Blok Andaman terdiri dari tiga wilayah kerja, yaitu Andaman I, yang dikelola Mubadala Petroleum RSC Ltd, Andaman II oleh Premier Oil Andaman Ltd.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)