Aceh Simpan Harta Karun Migas Terbesar di Dunia, Bisa Bikin Asing Rebutan

Senin, 25 Juli 2022 - 16:36 WIB
loading...
Aceh Simpan Harta Karun Migas Terbesar di Dunia, Bisa Bikin Asing Rebutan
Aceh memiliki potensi cadangan migas baru terbesar di dunia. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengungkapkan besarnya potensi cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Aceh saat ini cukup menjanjikan.

Hal itu terbukti dari beberapa perusahaan migas kelas kakap dunia yang mulai berlomba mencari cadangan di wilayah kerja Andaman, meliputi Andaman I, II, dan III.



Temuan cadangan migas oleh Premier Oil di Blok Andaman II melalui pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 telah mendapat perhatian investor asing. Semua mata pun mulai tertuju pada potensi migas di perairan utara Aceh tersebut.

"Ini menjadi opening player, menjadi pembuka sehingga investor internasional melihat di utaranya ada potensi besar," kata Dwi dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, Senin (25/7/2022).



Dwi berharap Blok Andaman II menjadi temuan besar ke depannya, terutama setelah struktur yang lainnya juga ditemukan. Ia juga berharap Andaman I dan Andaman II juga memiliki potensi yang sama seperti Andaman II.

Menurut dia, untuk menuju ke tahap rencana pengembangan atau Plan of Development (POD), setidaknya Premier Oil perlu melakukan pengeboran dua sumur lagi di Blok Andaman II. Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan raksasa migas dunia yang sempat hengkang akan datang lagi ke Indonesia. Salah satunya didorong adanya potensi temuan potensi migas di Blok Andaman II.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6550 seconds (0.1#10.140)