Era New Normal, HIPMI Harus Beradaptasi Secara Bisnis dan Organisasi

Minggu, 28 Juni 2020 - 18:52 WIB
loading...
Era New Normal, HIPMI Harus Beradaptasi Secara Bisnis dan Organisasi
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan akan menggelar Musyawarah Daerah ke-XV secara virtual di era new normal pada Sabtu (27/6/2020). Musda ini membuktikan bahwa sebagai generasi muda, HIPMI harus mendorong dan melanjutkan diri sebagai organisasi yang hebat.

Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, meski dunia usaha Indonesia sedang dilanda kesulitan akibat pandemi Covid-19, dirinya memotivasi kepada pengusaha muda di HIPMI untuk aktif dalam kepemimpinan.

Maming menambahkan bonus demografi pada 5 hingga 10 tahun kedepan akan menjadi ajangnya anak muda untuk berkiprah, termasuk HIPMI. Maming pun meminta agar kader HIPMI meneruskan perjuangan para senior dan menghargai para pemimpinnya, dimana organisasi HIPMI bisa menjadi hebat seperti saat ini.

"Tidak ada manusia yang sempurna kalau pemimpin kita hanya satu yang salah, sembilan kebaikan yang mereka buat, maka yang kita ingat hanya satu kesalahan. Itulah kita manusia dalam menilai orang, padahal lebih banyak kebaikan yang dia lakukan daripada kejahatan, sehingga mustinya kita harus memberi penghormatan kepada semua para pemimpin kita," ujar Maming di Jakarta, Minggu (28/6/2020).

Maming menambahkan, jika pemuda atau pengusaha HIPMI menghormati sesama pengurusnya, dirinya yakin organisasi HIPMI akan semakin besar di bawah pemimpinnya atau bimbingan para senior semua.

"Di masa jabatan saya, hampir 50 tahun HIPMI dari masa ke masa, mudah-mudahan dalam 10 tahun ke depan, HIPMI sudah mempersiapkan mau kemana arahnya. Mudah-mudahan ini menuju era keemasan HIPMI dan HIPMI akan menjadi organisasi yang hebat," ucapnya.

Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu melanjutkan, di dalam era New Normal ini diharuskan beradaptasi bukan saja dalam berbisnis tapi juga dalam berorganisasi. Dalam gelaran Musda secara virtual ini, Maming bilang, pihaknya perlu melakukan serangkaian acara yang sama tidak hanya BPD-BPD lain, tapi juga Badan Pengurus Cabang (BPC) yang nantinya akan melanjutkan Musda secara virtual.

"Instruksi saya bukan hanya di tingkat provinsi, tapi juga dilanjutkan ke tingkat BPC karena sampai saat ini masalah pandemi Covid-19 belum ditemukan vaksinnya. Sehingga kita harus hidup di era New Normal karena adanya ketidakpastian, kita tetap berjalan sesuai era New Normal ini," ungkapnya.

Selain itu, Maming juga meminta kepada pengurus HIPMI untuk berkoordinasi kepada mantan ketua umum (mantum) yang ada di Sulawesi Selatan. Pasalnya, dirinya ingin persaudaraan HIPMI tetap solid sesuai dengan moto "Bertanding untuk Bersanding" yang membuat HIPMI menjadi organisasi yang besar.

Di waktu yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah memberikan selamat atas pelaksanaan Musda HIPMI Sulsel XV. Menurutnya, acara ini menjadi contoh musyawarah yang patut diapresiasi.

"Saya memberikan penghargaan setinggi-tinggnya kepada Ketua Umum BPD Sulsel yang secara aktif telah mendorong perekonomian khususnya di Sulsel. Kita berharap pandemi Covid-19 ini cepat pulih dan HIPMI cepat menyusun skema agar kembali normal perekonomian kita, seperti misalnya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa kembali bekerja," ujar Nurdin.

Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Selatan terpilih masa bakti 2020-2023 Andi Rahmat Manggabarani, berkomitmen untuk bersama-sama kepada seluruh pengurus BPD HIPMI Sulsel menjadi bagian untuk menghubungkan dan mengontribusikan perekonomian bangsa, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan sumbangsihnya dan pengalaman-pengalamannya yang jauh lebih baik.

"Mari kita rawat dan jaga bersama BPD HIPMI Sulsel ini ke pintu yang bisa membukakan kesejahteraan ke pengusaha-pengusaha muda," tuturnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)