Bappenas-UNDP Apresiasi Peresmian SDG’s Center Sekolah Kedinasan Pertama di Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022 - 23:13 WIB
loading...
Bappenas-UNDP Apresiasi Peresmian SDG’s Center Sekolah Kedinasan Pertama di Indonesia
Peresmian SDGs Center Politeknik Pelayaran Banten, Senin (25/7/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengapresiasi peresmian Sustainable Development Goals Center (SDGs Center) di Politeknik Pelayaran Banten. Ini merupakan SDG’s Center pertama di Indonesia untuk sekolah kedinasan.

Pada acara peresmian yang digelar secara hybrid pada Senin (25/7), Kepala Sekretariat Nasional SDGs yang juga Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati mengatakan, SDGs Center di lembaga kedinasan diharapkan dapat mencapai empat tujuan utama.

Pertama, menjadi center of excellent dengan kompetensi inti dan pengarusutamaan SDGs dalam proses pendidikan.

Selanjutnya, menjadi mitra pemerintah dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan SDGs, dan menjadi fasilitator serta pengawas Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs.

“Sekolah kedinasan menjadi fasilitator dan katalisator pelaksanaan SDGs untuk mendorong keterlibatan publik serta meningkatkan komitmen pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam implementasi SDGs,” ujarnya, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: IKN Nusantara Terapkan Ekonomi Sirkular, Bappenas: Kita Berikan Contoh pada Dunia

Vivi berharap Politeknik Pelayaran Banten dapat menjadi contoh bagi lembaga pendidikan kedinasan yang lain untuk mengadvokasi dan memperkuat implementasi SDGs, jaringan properti dan komunitas, serta komitmen mencapai target SDGs.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Program ini dideklarasikan pada 25 September 2015, bertepatan dengan berlangsungnya United Nations General Assembly (UNGA) di kantor PBB di New York, Amerika Serikat.

TPB/SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1844 seconds (10.55#12.26)