Groundbreaking Tol Serang-Panimbang, Luhut Yakin Pariwisata Banten Kian Menggeliat

Senin, 08 Agustus 2022 - 16:00 WIB
loading...
Groundbreaking Tol Serang-Panimbang, Luhut Yakin Pariwisata Banten Kian Menggeliat
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri groundbreaking tol Serang-Panimbang di Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Groundbreaking jalan tol Serang - Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) digelar hari ini. Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pembangunan tol tersebut akan mendorong perekonomian masyarakat Banten dan sekitarnya.

Menurut dia, keberadaan tol Serang-Panimbang menjadi lembaran baru bagi perekonomian kawasan tersebut, khususnya ekonomi di sektor pariwisata.

“Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata. Saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik,” ujarnya saat menghadiri groundbreaking tol Serang-Panimbang di Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022).



Luhut optimistis Banten menjadi destinasi wisata yang menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi, apalagi jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta.

“Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja,” ungkapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan, rencananya pembangunan Tol Serang - Panimbang akan rampung sekitar kuartal I/2024.

“Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang - Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi II Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24,17 Km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30%, dan seksi III sepanjang 33 km menghubungkan Cileles - Panimbang,” urainya.



Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50 km oleh badan usaha, dan sekitar 33 km dibangun oleh pemerintah.

Luhut memaparkan, pertumbuhan ekonomi provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Menko Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan pantai Marina Tanjung Lesung.



“Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)