Setahun di Pangkuan Ibu Pertiwi, Blok Rokan Setor Rp30 Triliun

Senin, 08 Agustus 2022 - 17:05 WIB
loading...
Setahun di Pangkuan Ibu Pertiwi, Blok Rokan Setor Rp30 Triliun
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati membeberkan, kontribusi wilayah kerja Blok Rokan terhadap perekonomian nasional setelah satu tahun alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, bahwa wilayah kerja Blok Rokan telah menyumbang penerimaan negara melalui PNBP dan pajak sekitar Rp30 triliun setelah satu tahun alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia. Setoran itu menunjukkan kontribusi besar dari blok minyak Rokan terhadap perekonomian nasional selama setahun terakhir.

"Setoran pajak dan PNBP wilayah Rokan mencapai Rp 30 triliun,” kata Nicke di Rumbai Country Club (RCC), Pekanbaru, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Setahun Kelola Blok Rokan, Pertamina Sukses Bor 376 Sumur Baru

Nicke menuturkan, saat ini produksi minyak Blok Rokan mencapai 161 Million Barrel Oil Per Day (MBOPD). Angka itu setara dengan 30% dari total produksi subholding upstream atau 26% dari total produksi nasional.

Meskipun laju penurunan produksi tercatat mencapai rata-rata 26%, Pertamina makin intensif untuk melakukan kegiatan eksplorasi konvensional dan non-konvensional melalui kerja sama dengan sejumlah pihak di blok tersebut.

Dia menuturkan, sejumlah kegiatan eksplorasi intensif pada salah satu blok minyak tertua di dalam negeri itu belakangan efektif untuk menekan laju penurunan produksi. Bahkan, perseroan mencatatkan tingkat produksi di Blok Rokan mengalami titik balik atau peningkatan dibandingkan sebelum alih kelola satu tahun yang lalu.

“Dengan program-program yang kita lakukan, produksi bisa kita tingkatkan total pengeboran kurang lebih 370 sumur, jumlah rig sebelum alih kelola hanya 9 rig itu pun baru masuk 10 bulan terakhir hari ini ada 21 rig,” kata dia.

Baca Juga: Ditopang Blok Rokan, Produksi Migas Pertamina Capai 965 MBOEPD di Semester I 2022

Nicke membeberkan, Pertamina mencatat rata-rata produksi minyak di Blok Rokan sebelum alih kelola sebesar 158,7 Million Barrel Oil Per Day (MBOPD). Adapun, rata-rata produksi setelah alih kelola setahun terakhir mencapai 159 MBOPD dan pernah berada di angka 161,9 MBOPD.

Sementara itu, volume cadangan awal transisi sebesar 320,1 Million Barrels of Oil Equivalent (MMBOE). Saat alih kelola cadangan minyak mentah di Blok Rokan naik menjadi 370,2 MMBOE.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2161 seconds (11.97#12.26)