Inovasi Bapelkes Krakatau Steel dalam Pelayanan Kesehatan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 14:29 WIB
loading...
Inovasi Bapelkes Krakatau Steel dalam Pelayanan Kesehatan
Badan Pengelola Kesejahteraan (Bapelkes) Krakatau Steel membuat inovasi dalam sektor pelayanan kesehatan melalui aplikasi Bapelkes Krakatau Steel Digital Health & Medication. Foto/Dok
A A A
CILEGON - Badan Pengelola Kesejahteraan (Bapelkes) Krakatau Steel membuat inovasi dalam sektor pelayanan kesehatan melalui aplikasi Bapelkes Krakatau Steel Digital Health & Medication. Aplikasi ini memudahkan para pensiunan PT Krakatau Steel untuk berobat ke klinik.



Direktur Utama Bapelkes Krakatau Steel, Suriadi Arif mengatakan, melalui aplikasi ini maka pasien bisa daftar untuk memilih dokter untuk konsultasi serta memilih jam kunjungan yang diinginkan. Ia juga menjelaskan, setelah mendaftar, maka akan ada balasan berupa informasi nomor urut antrean serta jam berapa pasien akan mulai diperiksa.

“Ketika klinik ramai, kita mulai mengatur bagaimana caranya agar orang yang ingin ke klinik tidak harus antre terlalu lama. Karena itu, kita buat aplikasi ini sehingga calon pasien sudah tahu nomor urutnya dan harus datang ke klinik jam berapa. Kalau jadwalnya jam 10 maka sampaik klinik cukup jam 10 kurang 5,” ujar Suriadi Arif dalam Podcast Sofa Panas, Senin (8/8/2022) yang dipersembahkan oleh PT Krakatau Sarana Properti.

Lebih lanjut, aplikasi itu juga menampilkan edukasi kesehatan tentang penyakit jantung, hipertensi dan lain-lain. Selain itu, rekam medis pasien juga bisa dilihat di dalam aplikasi tersebut.

“Jadi, misalnya si A pernah sakit jantung dan obatnya A,B,C,D dan E maka riwayat medis dalam tiga tahun terakhir kita masukkan di aplikasi itu. Kalau si A pergi ke luar kota dan berobat ke dokter di sana lalu ditanya obat apa saja yang diminum, maka bisa langsung buka aplikasi ini,” jelas pria yang kerap disapa Arif tersebut.

Manfaat lain dari aplikasi ini adalah informasi tentang sisa plafon yang bisa digunakan. Kata Arif, hal ini yang tidak bisa disediakan oleh perusahaan asuransi pada umumnya.

Lebih lanjut Arif menambahkan, di masa pandemi Bapelkes Krakatau Health Service juga membuat aplikasi telemedisin yang memungkinan para pensiunan PT Krakatau Steel untuk berobat secara daring.

Melalui aplikasi telemedisin ini, jelas Arif, para pasien bisa daftar melalui telepon genggam dan setelah itu dokter yang menghubungi balik lewat sambungan video.

Katanya lagi, aplikasi ini terbukti cukup efektif di masa pandemi di mana proses pengobatan untuk pensiunan karyawan PT Krakatau Steel bisa tetap berjalan. Menurut dia, Bapelkes Krakatau Steel Health Service menganggap para pensiunan karyawan Krakatau Steel sebagai orangtua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)