Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Lewat Lomba Karya Kreatif

Kamis, 11 Agustus 2022 - 22:05 WIB
loading...
Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Lewat Lomba Karya Kreatif
Meningkatkan literasi keuangan dengan lomba kreatif. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dukung semangat pelaku industri kreatif di Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) dan Kompas Gramedia (KG Media) menggelar kompetisi video kreatif bertajuk Creavid Competition dengan total hadiah sebesar Rp100 juta. Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang literasi keuangan , agar masyarakat tidak mudah terpedaya oleh berbagai investasi bodong.



Yuki Kato, aktris dan pekerja seni yang menjadi salah satu juri mengatakan, masyarakat terutama kaum muda dengan kreatifitasnya yang tinggi, dapat ikut kompetisi ini. Menurutnya, selain dapat menyalurkan ide, kaum muda juga mendapatkan ilmu dan wawasan serta lebih mengetahui lagi fungsi dan peran LPS.

"Aku juga mengajak agar generasi milenial agar dapat ikutan kompetisi ini, sekaligus mengulik lebih lagi mengenai literasi keuangan, tahu lebih mengenai peran dan fungsi LPS, dan yang paling penting bisa memberikan sumbangsih nyata untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat," ujarnya dikutip Kamis (11/8/2022).

Sementara itu, Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto menyatakan kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar literasi keuangan dengan kemasan yang ringan dan edukatif. Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi LPS mendukung semangat anak muda pelaku industri kreatif yang tertarik pada bidang pembuatan video.

"LPS mencoba meningkatkan literasi keuangan dengan melalui Creavid Competition. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini literasi keuangan akan semakin meningkat. Selain itu kami berharap kreativitas generasi muda akan semakin meningkat, kami juga berharap agar nantinya jangan sampai ada kaum muda yang terjebak investasi bodong," jelasnya.

Tema lomba ini adalah “Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Mendukung Perekonomian Indonesia Dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19”, proses pendaftaran video dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 28 Agustus 2022. Juri yang akan menilai hasil karya peserta LPS CreaVid Competition adalah Yuki Kato selaku perwakilan dari pekerja seni dan aktris, Dimas Yuliharto selaku Sekretaris LPS dan Alexander Wibisono selaku Deputy GM News and Current Affairs KompasTV.

Pengumuman pemenang CreaVid Competition akan diumumkan pada tanggal 1 September 2022. Pengumuman akan dihelat secara langsung dalam acara Literasi Keuangan Terdepan “Like It” yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FKPPPK).

FKPPPK merupakan bentuk kolaborasi beberapa regulator bidang keuangan, yakni LPS, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kementerian Keuangan. Tujuan dibentuknya forum ini antara lain untuk mendorong literasi keuangan, meningkatkan basis investor ritel, dan mengembangkan sektor keuangan Indonesia.

Lebih lanjut, sebagai apresiasi kepada pemenang dari CreaVid Competition LPS, pada akhir rangkaian kegiatan di tanggal 2 September 2022 akan ditutup oleh CreaVid Talks yang merupakan dialog seputar industri kreatif dengan suguhan hiburan yang menarik. Kegiatan ini menghadirkan para dewan juri bersama pemenang, mereka juga akan bercerita bagaimana keseruan proses di balik layar CreaVid Competition LPS. CreaVid Talks akan disiarkan secara live streaming di Youtube Kompas TV dan Youtube LPS.



Perjalanan CreaVid Competition LPS akan segera dimulai, nantikan karya hebat anak muda kreatif Indonesia melalui kompetisi ini. Untuk informasi detail kegiatan dan syarat pendaftaran dapat langsung di lihat pada Microsite CreaVid Competition di laman url berikut: lpsCreaVid2022.kompas.tv .

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)