Ini 9 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia, Nomor Terakhir Miliki Teknologi Maju

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 19:26 WIB
loading...
Ini 9 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia, Nomor Terakhir Miliki Teknologi Maju
Sedikitnya ada sembilan negara dengan utang terbanyak di dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan negara dengan utang terbanyak di dunia. Berbicara tentang utang, sebagian mungkin akan merujuk kepada negara-negara berkembang di dunia.

Akan tetapi, sepertinya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya, ada juga beberapa negara maju di dunia yang memiliki besaran utang nasional cukup besar. Lantas, siapa sajakah mereka?

Baca juga : Utang Negara Membengkak Rugikan Generasi Milenial

Dilansir dari situs World Population Review, berikut sembilan negara dengan utang terbanyak di dunia :

1. Spanyol

Spanyol merupakan salah satu negara di kawasan Eropa barat daya. Negara ini berbatasan langsung dengan Gibraltar di selatan dan Portugal di bagian baratnya. Dengan luas sekitar 505.990 kilometer persegi, Negeri Matador menjadi negara terbesar kedua di Uni Eropa.

Dengan jumlah populasi sekitar 47.558.630, Spanyol memiliki utang nasional 95,54 persen dari PDB. Angkanya sendiri diperkirakan mencapai USD 1,24 triliun atau sekitar EUR 1,09 triliun. Besaran tersebut menempatkannya dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia.

2. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam dikenal sebagai salah satu negara termaju di dunia. Dalam riwayatnya, negara ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap negara-negara lain di dunia. Uniknya, hal tersebut masih tetap konsisten sampai saat ini.

Pada bidang ekonomi, negara Superpower ini juga memiliki besaran utangnasional yang cukup besar. Menurut data World Population Review 2022, Amerika Serikat memiliki sekitar USD 19,23 triliun utang nasional. Angka tersebut menempatkannya di posisi kedelapan diatas Spanyol.

3. Belgia

Belgia adalah salah satu negara yang berada di Eropa Barat Laut. Negara ini berbatasan dengan Belanda di utara, Jerman di timur, dan Prancis di bagian barat dayanya.

Belgia menjadi salah satu negara dengan utang terbanyak di dunia. Adapun besarannya mencapai USD 456,18 miliar atau sekitar EUR 399,5 miliar. Dengan jumlah populasi sekitar 11,65 juta jiwa, angka tersebut setara dengan 97,71 PDB.

4. Siprus

Siprus memiliki utang nasional sebesar USD 21,64 miliar atau sekitar EUR 18,95 miliar. Dengan jumlah populasi sekitar 1,25 juta jiwa, angka tersebut setara dengan 91,08 persen Produk Domestik Bruto(PDB) negara tersebut.

5. Bhutan

Bhutan menjadi salah satu negara Asia dengan besaran utang nasional terbesar di dunia. Negara di kawasan Asia Selatan ini terletak di antara China dan India.

Dengan jumlah populasi sekitar 782.455 jiwa, Bhutan memiliki utang nasional sebesar USD 2,33 Miliar. Adapun jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) negara ini, angkanya mencapai 106,49 persen PDB.

6. Italia

Melihat dari geografisnya, Italia berada di tengah Laut Mediterania, Eropa Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia, dan beberapa negara lainnya.

Italia sendiri diperkirakan memiliki populasi sekitar 59,03 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk tersebut, negara ini memiliki besaran utangyang setara dengan 134,14 persen PDB. Adapun besaran utang nasionalnya mencapai USD 2,48 triliun atau sekitar EUR 2,17 triliun

Baca juga : Utang Negara Harus Dimanfaatkan untuk Hal Produktif

7. Portugal

Negara tempat kelahiran Cristiano Ronaldo ini berada di posisi ketiga daftar negara dengan utang terbanyak di dunia. Menurut data World Population Review 2022, besaran utang nasional Portugal mencapai USD 264 miliar atau sekitar EUR 232 miliar.

Jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut, angka ini setara dengan sekitar 116,61 persen PDB.

8. Yunani

Yunani merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa Tenggara, tepatnya di ujung selatan Balkan. Negara ini berbatasan langsung dengan Albania di barat laut dan Turki di bagian timur lautnya.

Sama halnya dengan beberapa negara Eropa lainnya, Yunani juga memiliki utang nasional yang cukup besar. Dengan perkiraan populasi sekitar 10,38 juta jiwa, rasio utang nasionalnya mencapai 185,08 persen PDB.

Adapun besaran utangnya adalah USD 379 miliar atau sekitar EUR 332,6 miliar.

9. Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Pada perkembangannya, Negeri Sakura selalu memiliki berbagai penemuan dan teknologi canggih yang umumnya belum dimiliki negara-negara lain.

Namun, siapa yang menyangka bahwa negara kepulauan di Asia Timur ini juga memiliki besaran utangyang cukup besar. Bahkan, Jepang berada di posisi teratas dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia tahun 2022.

Dengan populasi sekitar 127.185.332 jiwa, Jepang memiliki utang nasional sebesar 234,18 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angkanya sendiri mencapai USD 9,087 triliun atau sekitar 1,028 triliun yen.

Demikian ulasan mengenai negara dengan utang terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)