Soal Harga Mi Instan, Mendag Zulhas: Jangan Terigu Terus, Kita Kan Punya Ketela

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:23 WIB
loading...
Soal Harga Mi Instan, Mendag Zulhas: Jangan Terigu Terus, Kita Kan Punya Ketela
Mendag Zulhas meminta masyarakat mengonsumsi singkong. Foto/AdveniaElisabeth/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Mendag Zulhas ) mengatakan bahwa maksud pernyataan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo soal ancaman kenaikan harga mi instan yang bisa sentuh tiga kali lipat, bertujuan untuk memberi semangat agar masyarakat tidak bergantung pada terigu saja. Menurut dia, Indonesia memiliki pilihan bahan baku lain, seperti ketela, singkong, hingga sagu.



"Itu kan Mentan (Menteri Pertanian) beri semangat jangan terigu terus. Kan, kita punya makanan ketela, makanan singkong, kita punya sagu, banyak," kata Mendag Zulhas kepada wartawan di Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (18/8/2022).

Mendag Zulhas mengamini kalau harga terigu yang berbahan baku gandung memang naik. Namun, dia optimistis harganya akan kembali turun pada September hingga Oktober mendatang.

"Terigu akhir-akhir ini naik sedikit, tapi mudah-mudahan September-Oktober turun, jadi (mi instan) naik tiga kali lipat, gak," kata dia.

Mengutip Info Pangan Jakarta, per 17 Agustus 2022, harga terigu masih stabil di level Rp10.031 per kilogram (kg).



Sebelumnya, Mendag Zulhas juga percaya diri harga mi instan tidak akan naik tiga kali lipat imbas kenaikan gandum. Menurutnya, harga gandum akan turun seiring membaiknya panen komoditas itu di sejumlah negara.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)