Makin Cakap Digital 2022 Punya 4 Pilar Utama

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:56 WIB
loading...
Makin Cakap Digital 2022 Punya 4 Pilar Utama
Program Indonesia Makin Cakap Digital didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Budaya demokratis di dunia digital sangat berhubungan dengan kebebasan berekspresi yang merupakan hak asasi manusia. Dalam Pancasila sila ke-4 nilai utamanya pun terkait demokrasi yang memberikan kesempatan setiap orang untuk berekspresi dan berpendapat di ruang digital. Namun tentunya tetap menjunjung tinggi etika dan sopan santun, sehingga setiap pengguna perlu mematuhi aturan tersebut di dunia digital.



Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia, Cut Meutia Karolina mengatakan, demokrasi di dunia digital membantu proses transformasi demokrasi yang partisipatif berjalan egaliter dan partisipatif. Mengenai kebebasan berekspresi berbanding lurus dengan penyebaran hoaks, di mana setiap orang punya kebebasan menyebarkan informasi tapi tidak semua orang punya niat baik. Ada segelintir orang yang dengan sengaja menyebarkan hoaks, narasi-narasi negatif tidak sesuai kenyataan.

"Hanya saja harus paham bahwa kita orang yang teliterasi digital tidak boleh sembarangan menyebarkan informasi dan harus memastikan informasi yang disebarkan tidak menimbulkan amarah orang lain," kata Cut Meutia saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten, Rabu (10/8/2022).

Oleh sebab itu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital . Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.



Adapun hoaks dipusaran demokrasi berhubungan dengan para produssn hoaks dan pesan kebencian yang eksis karena banyak yang menikmatinya. Sebab itu dalam jangka panjang, strategi kultural dengan terus meningkatkan literasi media akan bisa menghalau hoaks.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Anggota Relawan TIK Bogor, Verra Rousmawati, dan Relawan TIK dan Pandu Digital, Tuahta H. Pinem, serta Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)