Rela Antre Panas-panasan, Ratusan Warga Antusias Tukar Uang Baru

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 19:00 WIB
loading...
Rela Antre Panas-panasan, Ratusan Warga Antusias Tukar Uang Baru
Ratusan warga Kota Cirebon mengantre di sebuah mobil kas keliling Bank Indonesia Kantor Wilayah Cirebon. FOTO/MPI/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Uang kertas rupiah baru tahun emisi 2022 oleh Bank Indonesia telah telah resmi diluncurkan. Masyarakat Cirebon pun antusias dan rela mengantre panas-pasan demi menukarkan uang lama dengan yang baru.

Seperti yang terjadi di Jalan Pemuda Kota Cirebon Jawa Barat. Ratusan warga nampak antri panjang di sebuah mobil kas keliling Bank Indonesia Kantor Wilayah Cirebon.

Baca Juga: BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Kertas Baru: Ini Nama-nama Pahlawannya

Antrean panjang warga tersebut, hingga mencapai sisi Jalan Pantura. Tidak sedikit mereka dari masyarakat yang mengaku sangat tertarik dengan tampilan uang kertas baru. Karena belum beredar, masyarakat mengaku uang baru tersebut sementara ini untuk dikoleksi.

"Saya di sini dari pagi, ya sekitar jam setengah sembilan lebih. Hanya mau nukar uang lama ke uang baru, penasaran bentuknya seperti apa. Sementara sih untuk disimpan dan dijadikan koleksi dulu, "kata Muhammad Reza, salah satu warga yang ikut mengantre.

Rela Antre Panas-panasan, Ratusan Warga Antusias Tukar Uang Baru

Hal yang sama diungkapkan Awat Warga Kabupaten Cirebon. Ia mengaku tertarik untuk menukarkan uang lama ke uang baru. "Lumayan menunggu cukup lama, rencananya uang baru ini disimpan belum berani dibelanjakan. Karena masih belum beredar banyak, nanti jika sudah beredar luas, baru dibelanjakan, " katanya.



Sementara itu, dijelaskan Hestu Wibowo, selaku Kepala KPW Bank Indonesia Cirebon. Menurutnya, uang baru tersebut dinilai lebih tahan lama dengan yang sebelumnya dan tidak mudah kusam dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Meskipun uang baru sudah diluncurkan, tapi uang lama masih dapat digunakan untuk transaksi yang resmi. Jadi masyarakat jangan khawatir uang lama beredar dan masih berlaku," katanya.

Dijelaskan Hestu, Bank Indonesia wilayah Cirebon menyiapkan 980 juta uang kertas baru yang dapat ditukarkan melalui aplikasi BI Pintar. "Penukaran uang baru di seluruh perbankan mulai dilakukan Senin mendatang," jelasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)