Perkuat Bisnis di Indonesia, DHL Fokus Investasi pada SDM dan Fasilitas Baru

Senin, 22 Agustus 2022 - 16:49 WIB
loading...
Perkuat Bisnis di Indonesia, DHL Fokus Investasi pada SDM dan Fasilitas Baru
Melihat bisnis yang tengah menguat di Indonesia pada masa pandemi, DHL merencanakan pertumbuhan dan investasi lebih lanjut di bumi nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Deutsche Post DHL Group, perusahaan logistik terkemuka di dunia, melihat bisnis yang tengah menguat di Indonesia pada masa pandemi. DHL merencanakan pertumbuhan dan investasi lebih lanjut di bumi nusantara.

“Masa pandemi ini memperjelas bahwa logistik sangat penting. Lebih dari sebelumnya. Dengan situasi yang mudah bergejolak serta lingkungan yang semakin kompleks, pelanggan beralih pada mitra logistik yang andal dengan rekam jejak internasional, infrastruktur yang mapan, serta kepiawaian di bidang ini,” kata Frank Appel, CEO, Deutsche Post DHL.

Baca Juga: Biaya Logistik RI Masih Tinggi, Kok Bisa?

“Kami telah menginvestasikan sekitar 140 juta Euro di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun hingga saat ini. Di Indonesia, dengan tenaga kerja andal yang memiliki solusi inovatif untuk pasar, kami memiliki bisnis yang kokoh serta tangguh, siap akan pertumbuhan lebih besar," sambungnya.

Pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1973, Deutsche Post DHL Group mengoperasikan tiga divisi bisnis di Indonesia yang secara kolektif menawarkan layanan rantai pasokan end-to-end. DHL Express adalah penyedia layanan ekspres terkemuka, DHL Global Forwarding, spesialis angkutan udara dan laut, serta DHL Supply Chain, spesialis kontrak logistik dalam Grup.

Bersama-sama, bisnis DHL mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan, mengoperasikan gudang seluas 525.000 meter persegi, serta beroperasi dengan 120 penerbangan setiap harinya, menghubungkan bisnis di Indonesia melalui jaringan global DHL yang mencakup 220 negara dan teritori.

Pertumbuhan tenaga kerja saat pandemi: Mengantarkan pengiriman penting

“Pandemi mempengaruhi peningkatan permintaan layanan logistik. Di DHL Global Forwarding Indonesia, tenaga kerja kami meningkat sebesar 10% sejak tahun 2021. Jaringan kami terpilih untuk digunakan dalam pengiriman vaksin COVID-19. Kami mengantarkan vaksin ke 24 lokasi di Indonesia, menangani importasi melalui penerbangan komersial, dan chartered flights. Vaksin tersebut harus ditangani dengan kontrol suhu yang sangat ketat dan jaminan kualitas,” kata Presiden Direktur, DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong.

“Baru-baru ini DHL juga bertanggung jawab atas penanganan logistik Formula E pertama di Indonesia. Kami menyediakan layanan logistik end-to-end multi-modal termasuk layanan bernilai tambah, seperti proses customs clearance, pemeriksaan fisik dan angkutan darat, menggunakan peralatan canggih untuk melakukannya," bebernya.

Berinvestasi

Secara kolektif, DHL telah berinvestasi sebesar 140 juta Euro di Indonesia selama kurun waktu 10 tahun terakhir hingga saat ini. DHL Express, penyedia layanan ekspres terkemuka dari Grup, telah mempercepat investasinya di Indonesia.

Perusahaan telah menambahkan tenaga kerjanya sebesar 7% pada tahun 2021, dan pada tahun 2022, terdapat pertumbuhan 13,5% dari segi karyawannya. DHL Express Indonesia lebih lanjut mengumumkan investasi yang dialokasikan untuk empat fasilitas baru di Indonesia dalam 2 tahun ke depan.

“Kami telah hadir di Indonesia sejak 1973, dan kami masih terus berinvestasi. Kami telah mengalokasikan investasi sebesar 25 juta Euro untuk penggantian armada dan empat fasilitas baru dalam dua tahun ke depan, yaitu Gateway baru di Surabaya dan Denpasar, serta Service Centre baru di Bekasi dan Tangerang. DHL Express Bekasi Service Center baru saja beroperasi pada bulan Juli lalu,” kata Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad.

Diterangkan juga olehnya bahwa DHL Express telah mengoperasikan 48 gerai ritel dan titik layanan di berbagai lokasi utama di Indonesia. "Investasi kami akan terus melayani pertumbuhan di kota-kota, memungkinkan kami dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan, yang tentu saja turut mendukung pertumbuhan ekonomi negara," ungkapnya.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Kenapa Biaya Logistik di RI Mahal

Perusahaan seinduk, DHL Supply Chain (DSC), sebelumnya juga mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 25 juta Euro untuk fasilitas seluas 40.000 meter persegi yang akan dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Ditargetkan selesai pada tahun 2023, fasilitas DHL Maheswara Green Logistics merupakan fasilitas multi-user ketujuh yang ada di Indonesia.

Fasilitas multi-user yang besar ini dirancang untuk mendukung berbagai macam barang dari beragam industri yang memberikan fleksibilitas untuk berbagai bisnis yang beroperasi di Indonesia. Fasilitas baru ini juga dibangun dengan tujuan untuk menunjukkan solusi berkelanjutan dalam mengurangi emisi karbon.

Tumbuh Berkelanjutan – Solusi Hijau dan Investasi pada SDM

“Keberlanjutan adalah kunci Grup DPDHL dengan tujuan mencapai logistik nol-emisi pada tahun 2050. Grup sebelumnya telah mengumumkan akan menginvestasikan 7 miliar Euro clean operations dan climate-neutral logistics hingga 2030," kata Presiden Direktur DHL Supply Chain Indonesia, Sivananthan SKS.

“Di seluruh bisnis kami di Indonesia, fasilitas baru dilengkapi dengan panel surya, lampu surya, lampu LED, dan solusi hemat energi lainnya. Perusahaan seinduk kami, DHL Express, telah mulai menggunakan sepeda motor listrik dan mobil van listrik untuk pengiriman serta berencana mentransformasi setidaknya setengah dari armadanya menjadi armada listrik pada tahun 2024," terangnya.

Secara global, sejak Januari 2021, DHL Global Forwarding telah menetralisir emisi karbon dari semua pengiriman angkutan laut dengan Less-than-container load (LCL) menggunakan bahan bakar laut yang berkelanjutan, termasuk pengiriman angkutan laut menuju dan dari Indonesia. H

al ini telah dilakukan tanpa adanya biaya tambahan kepada pelanggan, mendukung tujuan emisi karbon mereka melalui layanan LCL GoGreen Plus dengan total 370.600 pengiriman sejak program dimulai. Bisnis ini juga telah menandatangani perjanjian dengan Hapag-Lloyd, perusahaan pelayaran kapal terkemuka di dunia, untuk penggunaan biofuel tingkat lanjut.

Sebagai langkah awal, Hapag-Lloyd akan mengirimkan 18.000 TEU volume DHL menggunakan biofuel canggih, yang menunjukkan skalabilitas solusi transportasi berkelanjutan dan relevansi bahan bakar berkelanjutan di pasar saat ini.

“Indonesia merupakan contoh yang sangat baik, karena dengan strategi yang tepat, tenaga kerja yang termotivasi dengan pandangan yang positif, akan mencapai hasil yang baik,” kata CEO Deutsche Post DHL, Frank Appel.

“Di seluruh Grup, kami percaya untuk berinvestasi pada staf kami, karena staf yang terlibat dan termotivasi, akan memberikan kualitas layanan yang luar biasa kepada pelanggan kami dan pada akhirnya akan mendorong bisnis kami," lanjut Frank.

Di seluruh Indonesia, ketiga unit bisnis tersebut merupakan penerima penghargaan Great Place to Work™ global, yang menganugerahkan tempat kerja terbaik. Penghargaan ini didasarkan pada data survei rahasia yang menilai pengalaman karyawan dalam kepercayaan, inovasi, nilai-nilai perusahaan, dan kepemimpinan.

Perusahaan juga dinilai berdasarkan seberapa baik mereka menciptakan pengalaman kerja yang mencakup semua karyawan, terlepas dari siapa mereka atau apa yang mereka lakukan.

Kunci keberhasilan Grup adalah program keseluruhan dari Grup yang dikenal dengan sebutan Certified, diperkenalkan untuk mempercepat budaya dan pengembangan DNA berdasarkan fokus dan kepercayaan pelanggan. Hal ini termasuk pelatihan yang menginspirasi dan konten keterlibatan yang disampaikan oleh para pemimpin senior dengan bisnis yang mendorong, mengenali, dan menghargai perilaku penting.

"Karyawan kami di Indonesia telah mendapatkan pelatihan bersertifikat dengan penambahan jumlah program yang berkesinambungan pada perjalanan dan pelatihan Certified mereka seiring dengan perkembangan mereka di perusahaan ini," paparnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2213 seconds (11.97#12.26)