5 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan ke Berapa?

Selasa, 23 Agustus 2022 - 18:17 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan ke Berapa?
China menjadi negara penghasil beras terbesar di dunia. Foto/Ilustrasi/AsiaFinancial
A A A
JAKARTA - Beras merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar penduduk dunia, terutama di kawasan Asia. Beras juga merupakan salah satu tanaman pertanian terbesar ke-3 yang diproduksi di dunia, setelah jagung dan tebu.



Berdasarkan data United States Department of Agriculture (USDA), produksi beras dunia mencapai 510,31 juta metrik ton per Februari 2021/2022. Jumlah tersebut meningkat 0,09% dibandingkan bulan sebelumnya dan naik 0,56% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam kelompok lima negara penghasil beras terbesar di dunia, China menduduki urutan pertama. Setelah itu diikuti India, lantas urutan selanjutnya negara mana saja? Berikut lima negara penghasil beras terbesar di dunia.

1. China
China merupakan negara terbesar yang memproduksi beras di dunia. Negeri Tirai Bambu ini menciptakan varietas padi hibrida pertama di dunia. Padi jenis itu merupakan persilangan dari dua jenis tanaman yang berbeda.

Produksi beras sangat penting dalam sektor perekonomian China yang menghasilkan 28% dari total produksi beras di dunia. Setiap hektare sawah di China mampu menghasilkan beras sebanyak 6,5 ton. Berdasarkan data Statista, pada 2021 China menghasilkan beras sebanyak 148,3 juta ton.




2. India
India merupakan penghasil beras terbesar di dunia. Sama halnya dengan China, India merupakan salah satu negara yang memproduksi beras hingga melebihi 122 juta ton. Negara ini juga merupakan konsumen beras terbesar kedua, sehingga dapat diperkirakan konsumsi setiap tahunnya hingga 100 juta ton. Penghasil beras terkemuka di India adalah negara bagian Benggala Barat.

3. Indonesia
Indonesia merupakan penghasil beras terbesar dunia di urutan ketiga. Berdasarkan data Statista, tahun lalu produksi beras Indonesia 35,3 juta ton. Produksi beras di Indonesia bisa berasal dari dataran rendah ataupun dataran tinggi di Indonesia. Sebagian besar produksi beras Indonesia berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera, sekitar 60%.

4. Bangladesh
Produksi beras Bangladesh hanya beda-beda tipis dengan Indonesia. Pada tahun lalu produksi beras Bangladesh sebanyak 34,6 juta ton. Beras yang dihasilkan oleh negara ini setengah dari PDB pertanian negara dan seperenam dari pendapatan nasional Bangladesh. Negara ini menanami beras di sebagian wilayah Aman, Boro dan Aus.



5. Vietnam
Vietnam merupakan penghasil beras terbesar kelima di dunia. Produksi beras negara ini pada tahun 2021 sebanyak 27,3 juta ton. Negara ini menanam padi di delta Sungai Mekong dan Sungai Merah. 52% beras Vietnam berasal persawahan yang berada di kawasan delta Sungai Mekong. Sekitar 82% lahan yang terdapat di negara ini digunakan untuk menanam padi.

Nabilah Rofiqoh Duri
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)