Begini Strategi Wapres Cegah Ketimpangan dan Kepincangan Ekonomi

Kamis, 25 Agustus 2022 - 11:22 WIB
loading...
Begini Strategi Wapres Cegah Ketimpangan dan Kepincangan Ekonomi
Ada beberapa cara yang diungkap Wapres Maruf Amin untuk mencegah ketimpangan di masyarakat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan kemajuan ekonomi yang begitu pesat dicapai Indonesia tidak boleh memunculkan ketimpangan dan kepincangan di masyarakat. Diperlukan strategi yang baik dalam mewujudkan keadilan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.



Lebih lanjut Wapres menyampaikan, gagasan dalam pemanfaatan sumber daya ekonomi dapat dilakukan di antaranya melalui empat langkah nyata. Pertama adalah memapankan suplai dan rantai pasok kebutuhan pokok.

Ketersediaan bahan kebutuhan pokok ini sangat penting dan harus dipastikan, sehingga tidak memunculkan gangguan pasokan di akar rumput. Sebab menurutnya, stabilitas ekonomi yang paling mendasar salah satunya ditandai dengan terjaminnya kebutuhan pokok masyarakat, khususnya pangan.

"Kedua mendesain bauran kebijakan fiskal dan moneter yang efektif. Kehati-hatian dalam menyusun kebijakan fiskal dan moneter dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sektor keuangan menjadi langkah penting untuk mencegah risiko krisis,” ujar Wapres dalam sambutannya pada Seminar Nasional ISEI, Rabu (24/8/2022).

Dengan kehati-hatian menyusun bauran kebijakan tersebut, Wapres berharap, dapat memberikan keberpihakan pada kepentingan nasional dan sensitif terhadap kelompok masyarakat menengah ke bawah.

Selanjutnya, Wapres juga mengatakan pentingnya memperkuat inovasi dan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah melahirkan berbagai cara kerja baru di seluruh tatanan kehidupan.



Dengan penguatan pada inovasi dan digitalisasi dalam jangka panjang, diharapkan dapat menjangkau kelompok masyarakat di seluruh pelosok Indonesia yang dapat mengurangi ketimpangan ekonomi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)