Sinergi BUMN untuk Vaksinasi Penyandang Disabilitas

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 22:03 WIB
loading...
Sinergi BUMN untuk Vaksinasi Penyandang Disabilitas
PTPN XIV gelar vaksinasi Covid-19 untuk penyandang disabilitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) terus mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Melalui anak perusahaan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial & lingkungan (TJSL), yaitu vaksinasi dengan peserta diutamakan penyandang disabilitas dan beberapa peserta umum.

Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri, Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Rachman Feri Isfianto, didampingi Dirut Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Moh. Abdul Ghani, Direktur Produksi & Pengembangan Mahmudi, Direktur Umum Dony Gandhamihardja, dan Direktur PTPN XIV Tio Handoko beserta jajarannya, menyaksikan langsung pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan vaksinasi digelar di Pabrik Gula (PG) Takalar, Sulawesi Selatan, sebagai salah satu unit PTPN XIV, pada Minggu pekan lalu (21/8/2022). Dari 91 orang peserta, jumlah penyandang disabilitas sebanyak 83 orang berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto. Sedangkan sisanya sebanyak delapan orang berasal dari masyarakat sekitar PG Takalar.

Vaksinasi yang diberikan kepada peserta diutamakan vaksin booster, namun tetap melayani peserta yang datang untuk mendapatkan vaksinasi pertama dan kedua. PTPN XIV bekerja sama dengan PT Kimia Farma-Makassar sebagai vaksinator. Hal tersebut sebagai bentuk sinergi sesama BUMN dalam menunjang program pemerintah dalam pencegahan Covid-19.

Saat melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi, Direktur Utama (Dirut) Holding Perkebunan Nusantara Mohammad Abdul Ghani sempat berinteraksi dengan Arifin, salah seorang peserta penyandang disabilitas tuna netra asal Kab. Takalar dan menyampaikan mengapa perlu melakukan vaksinasi ,“Hari ini Pak Arifin akan disuntik vaksin, vaksin ini ibaratnya baju, jika ada angin keras maka angin itu tidak sampai ke badan kita,” katanya dikutip Sabtu (27/8/2022).

Abdul Ghani berpesan kepada seluruh peserta bahwa vaksinasi saja tidak cukup. Agar terhindar dari berbagai penyakit, penting untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat. Dia berharap pelaksanaan vaksinasi dapat membantu Kota Makassar dan sekitarnya terbebas dari virus Covid-19 dan masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Ketua I Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), Sudiang, menyampaikan terima kasih kepada PTPN XIV atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi ini. Dia berharap PTPN XIV juga bisa membuka lapangan pekerja bagi penyandang disabilitas.

“Kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang mana bisa membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Kami berharap ke depannya PTPN XIV bisa membuka lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas,” ujar Sudiang.

Baca juga: Hasil Liga Inggris 2022/2023, Southampton vs Manchester United: The Red Devils Buntu di Babak Pertama

Setelah melakukan pendaftaran, pemeriksaan dokter, dan vaksinasi, seluruh peserta mendapat bingkisan menarik berupa 2 kg Gollata--gula kristal putih yang merupakan produk unggulan PTPN XIV.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1591 seconds (10.55#12.26)