Masih Mahal, Harga Telur di Jakarta Hari Ini Tembus Rp33.000 per Kg

Senin, 29 Agustus 2022 - 13:29 WIB
loading...
Masih Mahal, Harga Telur di Jakarta Hari Ini Tembus Rp33.000 per Kg
Harga telur ayam hari ini terpantau masih mahal. Foto/SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Harga telur ayam hari ini terpantau masih mahal. Di pasar DKI Jakarta rata-rata dibanderol Rp31.000/kg. Padahal, harga normalnya berkisar Rp26.000/kg.

Merujuk data Info Pangan Jakarta yang dirilis hari ini, pasar yang menjual telur ayam seharga Rp31.000/kg antara lain Pasar Minggu, Pasar Pramuka, Pasar Jatinegara, Pasar Pondok Labu, Pasar Tomang Barat, Pasar Pal Merah dan Pasar Jembatan Lima.

Sedangkan di pasar lainnya seperti Pasar Anyer Bahari, Pasar Koja Baru, Pasar Pademangan Timur, Pasar Cipete, Pasar Tanah Abang Blok A-G, Pasar Jembatan Merah, dan Pasar Grogol dibanderol Rp32.000/kg. Adapun yang termahal di Pasar Glodok dan Pasar Pluit yakni dibanderol Rp33.000/kg.

Baca juga: Bansos Jadi Biang Kerok Harga Telur Mahal, Mendag Zulhas Jelaskan Rentetannya

Di samping itu, berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, tercatat per 26 Agustus 2022 harga telur ayam ras di tingkat eceran mencapai Rp31.300/kg atau naik 6,83% dibandingkan sebulan sebelumnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kenaikan harga telur ayam dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya pakan ternak.

Baca juga: Jokowi Janji Harga Telur Ayam Akan Turun 2 Minggu Lagi

Namun, menurut Jokowi, kenaikan harga barang pokok ini hal yang biasa terjadi sehingga tak perlu dikhawatirkan berlebihan.

"Ya ini kan pertama karena memang pakan ternak yang naik, yang kedua ini fluktuasi biasa. Nanti ini 2 minggu ini Insha Allah akan turun," tuturnya usai mengunjungi Pasar Cicaheum, Bandung, Jawa Barat dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (29/8/2022).



Selain faktor pakan ternak, kenaikan harga telur di pengecer itu juga dipicu oleh penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

"Ya ada juga demand permintaan yang dibagikan kepada masyarakat, kan juga sama saja muternya ke masyarakat juga," tuturnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1773 seconds (10.55#12.26)