Dukung Program BIAN Kemenkes, BUMN BKI Imunisasi 500 Balita

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:41 WIB
loading...
Dukung Program BIAN Kemenkes, BUMN BKI Imunisasi 500 Balita
BKI mendukung program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan mencanangkan BIAN bagi 500 balita di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI sebagai lead holding IDSurvey mendukung program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sempat menurun secara signifikan akibat pandemi Covid-19. Perseroan melaksanakan pencanangan BIAN bagi 500 balita di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya.

Dukungan tersebut pun sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar perusahaan pelat merah untuk mengimplementasikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat, salah satunya di sektor kesehatan

“Sesuai saran Menteri BUMN Erick Thohir kepada seluruh BUMN untuk mengimplementasikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT kepada masyarakat di sekitar kantor. Bagi kami Program BIAN Kemenkes sangat bagus untuk membantu keluarga di sekitar kantor BKI,” ujar Direktur Utama BKI Rudiyanto melalui sambutannya dalam kegiatan BIAN yang dilaksanakan di RPTRA Bawang Putih, Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Viral! Balita Dikasih Obat Kedaluwarsa usai Imunisasi, Kenali Bahayanya

Program BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Program tersebut, lanjut Rudiyanto, diwujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan harmonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubella) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib).

Program BIAN terbagi menjadi dua tahap yaitu, tahap pertama diselenggarakan pada Mei 2022 dengan wilayah pelaksanaan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Pada tahap kedua, BIAN dilaksanakan pada Agustus 2022 dengan wilayah pelaksanaan di Pulau Jawa dan Provinsi Bali.



Menurut Rudiyanto, selama ini tim TJSL BKI telah melakukan beberapa kegiatan sosial untuk masyarakat selain imunisasi seperti, program kebersihan, beasiswa, penyediaan fasilitas kendaraan, bantuan musibah dan beberapa hal lain yang diharapkan bisa bermanfaat untuk mereka.

Tercatat selama 2022 BKI yang berkolaborasi dengan anggota IDSurvey lainnya telah melakukan beberapa program TJSL seperti transplantasi terumbu karang Pulau Tunda, gerakan bersama pemberian desinfeksi kandang ternak sebagai bentuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayah Kediri.

Lalu, program Vokasi Pesantren di Wilayah Banyuwangi, bantuan sarana pendidikan berupa perangkat teknologi informasi (TIK) di Wilayah Banten, pelatihan UMKM Digital Marketing serta Pembinaan UMK melalui pameran produk UMK di Senayan dan PT Telkom.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1099 seconds (10.177#12.26)