Jokowi Bagikan NIB kepada 2.700 Pelaku UMKM di Papua

Kamis, 01 September 2022 - 23:31 WIB
loading...
Jokowi Bagikan NIB kepada 2.700 Pelaku UMKM di Papua
Presiden Jokowi menyerahkan NIB kepada 2.700 pelaku UMKM di GOR Toware, Jayapura, Papua. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 2.700 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di GOR Toware, Jayapura, Papua. UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional namun masih sedikit para pelaku UMKM yang memiliki NIB.

"Kita tahu 61 persen PDB (Produk Domestik Bruto) ekonomi, perputaran ekonomi Indonesia ini digerakkan oleh UMKM. Hampir 97 persen urusan pekerja, ketenagakerjaan itu juga atas kontribusi UMKM kita yang berjumlah kurang lebih 64 juta lebih sedikit. Tetapi, Menteri Investasi menyampaikan, yang memiliki NIB, yang telah didorong oleh Kementerian Investasi baru 1,8 juta," terang Jokowi dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Kamis (1/9/2022).



Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa NIB dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mengakses layanan perbankan. Jokowi juga menyarankan para pengusaha dalam mengembangkan usahanya agar memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) UMKM di bank, di mana telah disubsidi oleh Pemerintah agar UMKM di Indonesia bisa semakin berkembang dengan cepat.

Namun, Jokowi mengingatkan kepada para pelaku usaha agar berhati-hati dan mengkalkulasi terlebih dahulu secara detail sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung upaya untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas.



"Saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Investasi, PNM dan semua lembaga-lembaga keuangan. Karena pengusaha di Jayapura sudah memiliki NIB, bisa memberikan peluang untuk UMKM di tanah Papua ini masuk ke sistem keuangan, sistem perbankan yang kita miliki," ucap Jokowi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)