PT Wilmar Padi Indonesia Lebarkan Sayap ke Serang

Minggu, 04 September 2022 - 14:44 WIB
loading...
PT Wilmar Padi Indonesia Lebarkan Sayap ke Serang
Kerja sama PT Wilmar Padi Indonesia (WPI) disambut hangat oleh petani karena mampu meningkatkan produksi panennya.
A A A
JAKARTA - Kerja sama PT Wilmar Padi Indonesia (WPI) disambut hangat oleh petani karena mampu meningkatkan produksi panennya. Dalam panen perdana yang digelar Rabu (31/8) lalu diketahui bahwa kerja sama demonstration plot (demplot) mampu meningkatkan produksi padi 8,25% dibanding sebelumnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/9/2022), demplot merupakan metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan agar petani dapat melihat dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan. Di Kota Santri tersebut, PT WPI telah memulai debut kerja sama demplotnya dengan petani seluas 17 hektare (ha) yang tersebar di Kecamatan Kramatwatu, Pontang, Lebakwangi, dan Kasemen.

(Baca juga:Wilmar Operasikan Sekolah Alam di Kawasan Konservasi)

Ketua Kelompok Tani Maju I Desa Cigelam, Kecamatan Ciruas, Serang Muhammad Supi merasa puas dengan hasil panen demplotnya karena produksi naik menjadi 6 ton per ha dari sebelumnya 4-5 ton per ha. Peningkatan tersebut dinilai sangat membantu petani meningkatkan produktivitasnya dan solusi terhadap keterbatasan luas lahan.

Saat ini, Supi menggarap 4 ha lahan, yang sebagian diantaranya merupakan lahan sewaan. “Syukur alhamdulillah produksi saya meningkat dibanding (yang belum ikut program demplot),” tutur Supi.

(Baca juga:Wilmar Pasok Tandan Kosong untuk Budidaya Jamur)

Dia berharap kerja sama dengan PT WPI tidak berhenti pada demplot tetapi berlanjut menjadi mitra pemasok agar dapat menjual hasil panennya secara langsung. Sebab, selama ini petani masih tergantung kepada perantara (broker) sehingga harga jualnya seringkali kurang memuaskan.

Pada kesempatan itu, Gojali, Ketua Kelompok Tani Raharja Desa Suju, Serang antusias bergabung menjadi mitra demplot karena ingin menambah pengalaman memanfaatkan pupuk non-subsidi dalam peningkatan produktivitas. Saat ini, demplot kelompok taninya belum memasuki masa panen sehingga masih menunggu hasilnya.

“Kami ingin mengetahui bagaimana hasil pupuk non-subsidi dengan pupuk subsidi. Kalau memang lebih baik, kami tidak masalah menggunakan yang nonsubsidi,” ujar dia.

(Baca juga:Tiga Perusahaan Afiliasi Wilmar Patuhi Agenda Persidangan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3559 seconds (0.1#10.140)