Laba Bersih MNC Kapital (BCAP) Melesat 4 Kali Lipat Capai Rp61,2 Miliar di Semester I 2022

Senin, 05 September 2022 - 08:31 WIB
loading...
Laba Bersih MNC Kapital (BCAP) Melesat 4 Kali Lipat Capai Rp61,2 Miliar di Semester I 2022
Laba Bersih MNC Kapital (BCAP) Tembus Rp61,2 Miliar di Semester I 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melaporkan hasil keuangan tidak diaudit yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2022, dengan laba bersih melesat 4 kali lipat atau 283,1 persen menjadi Rp61,2 miliar di semester I 2022 dari Rp16,0 miliar dibandingkan periode sama tahun lalu.

Pencapaian tersebut ditopang pendapatan konsolidasi BCAP mencapai Rp1,384,4 triliun, meningkat 8,0 persen dari Rp1,281,6 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan BCAP untuk semester I 2022 terutama berasal dari bunga dan dividen sebesar Rp804,3 miliar, yang juga mengalami kenaikan sebesar 12,7 persen dari Rp713,7 miliar pada semester I 2021.

Selain itu, pendapatan perseroan yang berasal dari sektor digital melonjak 217,0 persen dari Rp45,8 miliar pada semester I 2021 menjadi Rp145,1 miliar pada semester I 2022. Hal ini sejalan dengan komitmen dan fokus BCAP dalam mengembangkan ekosistem layangan keuangan digital yang terintegrasi.

Pendapatan konsolidasi BCAP pada kuartal II 2022 tumbuh 9,7 persen menjadi Rp662,8 miliar dari Rp603,9 miliar pada kuartal II 2021. Peningkatan tersebut didukung oleh pendapatan digital yang melonjak signifikan hingga 789,1 persen dari Rp8,5 miliar pada kuartal II 2021 menjadi Rp75,9 miliar pada kuartal II 2022.

Pertumbuhan kinerja yang fantastis tercermin melalui laba bersih Perseroan yang meroket 4.863,7 persen dari Rp0,4 miliar pada kuartal II 2021 menjadi Rp21,6 miliar pada kuartal 2022. PEFINDO menaikkan peringkat kredit BCAP menjadi “idBBB+” dari “idBBB” dengan outlook stabil.

Peningkatan peringkat mencerminkan posisi bisnis BCAP yang menguat, menyusul perkembangan signifikan dalam strategi integrasi ekosistem digital yang memanfaatkan exposure MNC Media, permodalan di atas rata-rata, serta likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang memadai. fleksibilitas keuangan yang memadai.

PEFINDO berpendapat bahwa peringkat dapat dinaikkan lebih lanjut jika profil bisnis BCAP terus menguat secara signifikan melalui perbaikan berkelanjutan dari indikator bisnis dan keuangan anak perusahaan utama. BCAP mendirikan Motion Digital, yang memiliki dan mengintegrasikan MNC Bank, MNC Sekuritas, dan MNC Teknologi Nusantara, termasuk aplikasi-aplikasi digital berbasis transaksi di bawah satu entitas.

Motion Digital membantu keuangan masyarakat secara maksimal, mulai dari transaksi sehari-hari, pembiayaan digital, hingga wealth management untuk masa depan, yang memungkinkan pelanggan mengelola semua kebutuhan keuangan mereka. Selain MotionPay, MotionBanking juga telah dilengkapi fitur pembayaran QRIS untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi secara cashless di merchant offline.

Baca Juga: MNC Kapital Optimistis MotionCredit Punya Potensi Besar

MNC Bank juga dalam proses mendapatkan persetujuan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk mengelola rekening dana nasabah sehingga pengguna MotionBanking dapat membuka rekening MotionTrade secara seamless dan sebaliknya. Aplikasi-aplikasi di bawah Motion Digital akan terinterkoneksi satu sama lain dengan sistem single sign-on, e-KYC terkoneksi, dan cross-wallet untuk kenyamanan bertransaksi. Flash Mobile akan memproses semua transaksi yang disebutkan di atas untuk memastikan eksekusi real-time.

Lebih lanjut, Motion Digital juga akan memaksimalkan sinergi dengan MNC Media dan MNC Digital untuk menarik pengguna Motion Digital dengan berkolaborasi dengan e-commerce dan fintech guna meningkatkan jumlah transaksi serta pengguna Motion Digital dengan cepat.

MotionBanking terus berkembang melayani nasabah lebih baik dengan fitur-fitur top-of-the-line yang mudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari nasabah. Saat ini, pengguna sudah dapat menikmati integrasi fitur MotionPay untuk melihat saldo dan melakukan transfer e-money dari aplikasi MotionBanking.

Ada juga fitur digital lending bekerjasama dengan layanan fintech lending menggunakan AI-based credit scoring, menawarkan pinjaman dana tunai cepat, langsung dari aplikasi MotionBanking. MNC Bank telah bekerja sama dengan TASPEN, yang memiliki potensi sumber daya masif, dalam hal pembayaran Tabungan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Asuransi Jiwa melalui layanan perbankan digital MotionBanking.

Selain kemudahan pembukaan rekening dengan digital onboarding, beragam fitur MotionBanking termasuk tarik dan setor tunai di mini-market juga akan semakin memudahkan peserta program TASPEN dalam mengelola keuangannya. Kerja sama dengan Traveloka dalam penggunaan Kartu Kredit dan Kartu Debit MotionBanking untuk bertransaksi di platform Traveloka dan memanfaatkan kupon diskon atau bonus.

Juga promosi pembukaan rekening MotionBanking melalui Traveloka dengan bonus Traveloka Points, serta pengembangan kapabilitas digital lending MotionBanking melalui Buy Now Pay Later (BNPL) kepada para pengguna Traveloka. MNC Bank sedang mengembangkan fitur kartu kredit virtual untuk diintegrasikan ke dalam MotionBanking, menyederhanakan pengalaman nasabah dalam mengakses detail kartu kredit dan melakukan pembayaran online.

Selain itu, MNC Bank dalam waktu dekat akan merilis fitur tarik dan setor tunai di cabangcabang Indomaret se-Indonesia, dengan total lebih dari 20.200 gerai. Hal ini merupakan game-changer bagi MotionBanking, khususnya untuk menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked dengan menyediakan layanan aman dan terpercaya yang dekat dari tempat tinggalnya.

Development Roadmap Aplikasi e-money, e-wallet dan transfer digital, yang mengadopsi teknologi yang kompatibel dengan QRIS untuk memastikan interkonektivitas dengan e-money lainnya. MotionPay juga memiliki MotionPoints, program poin loyalitas yang mengintegrasikan semua platform digital MNC Group. Pertumbuhan MotionPay tidak lepas dari berbagai mitra ternama.

Terbaru, MotionPay akan melakukan joint promo program dengan Traveloka untuk voucher discount Traveloka Points dan voucher-voucher lainnya yang tersedia dalam platform milik Traveloka. Saat ini, MNC Sekuritas telah menjalin kerja sama sebagai APERD (Agen Penjual Reksa Dana) Online dengan 32 Manajer Investasi di Indonesia.

Dengan kerja sama ini, sebanyak lebih dari 100 produk reksa dana tersedia di aplikasi MotionTrade. Pemasaran produk pasar modal melalui aplikasi MotionTrade juga didukung keberadaan 155 point of sales MNC Sekuritas di berbagai belahan Indonesia, terdiri dari 34 kantor cabang, 10 kantor perwakilan Bursa Efek Indonesia, dan 111 Galeri Investasi.

Tak hanya itu, sinergi dengan 16 e-mitra komunitas pasar modal semakin memperkuat keberadaan MNC Sekuritas di industri. Potensi pengembangan produk juga terus digali MNC Sekuritas melalui pengembangan akun margin online yang akan terintegrasi di aplikasi MotionTrade, mulai dari pengajuan proses pembukaan akun hingga transaksi margin.

Perseroan baru saja meluncurkan MotionCredit, aplikasi pembiayaan digital hasil kerjasama MNC Leasing dan MNC Finance yang memungkinkan penggunanya untuk mengajukan pembiayaan multiguna dengan mudah melalui smartphone, kapan saja, di mana saja. MotionCredit menawarkan layanan pembiayaan kepada seluruh masyarakat di Indonesia, meliputi pembiayaan multiguna dengan agunan mobil dan rumah serta pembiayaan dana Haji.

MotionCredit memperluas jangkauan pembiayaan kepada seluruh masyarakat di Indonesia melalui kerja sama dengan Pos Indonesia, sebagai mitra yang akan melakukan verifikasi dokumen persyaratan pembiayaan dan dokumen jaminan serta kendaraan jaminan, wawancara calon debitur, dan melakukan survei ke daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh kantor cabang.

Selain itu, kerja sama dengan Pos Indonesia juga akan mempermudah logistik dokumen jaminan. Dengan total 4.494 kantor pos di seluruh Indonesia, layanan MotionCredit dapat menjangkau wilayah terluar Indonesia, yang tentunya akan memperkuat posisinya di industri keuangan digital.

Baca Juga: Gandeng Traveloka, MNC Kapital Perkuat Ekosistem Bisnis

BCAP baru-baru ini merombak jajaran manajemen yang didominasi oleh para praktisi berlatar belakang IT untuk mempercepat pertumbuhan Perseroan menjadi penyedia layanan keuangan digital paling berkembang dan terintegrasi di Indonesia.

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Wito Mailoa
Komisaris : Tien
Komisaris Independen : Sukisto

Dewan Direksi

Direktur Utama : Yudi Hamka
Direktur : Jessica Herliani Tanoesoedibjo
Direktur : Ageng Purwanto Direktur : Peter Fajar
Direktur : Oerianto Guyandi
Direktur : Muhammad Suhada Direktur : Mahdan

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1797 seconds (11.210#12.26)