5 Perusahaan Teknologi Dunia yang Memproduksi Produknya di China, dari Apple hingga Toshiba

Senin, 05 September 2022 - 12:44 WIB
loading...
5 Perusahaan Teknologi Dunia yang Memproduksi Produknya di China, dari Apple hingga Toshiba
Sedikitnya ada lima perusahaan teknologi yang memproduksi produknya di China. Salah satunya Apple. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima perusahaan teknologi yang memproduksi produknya di China . Sebagai salah satu negara maju, China memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam kaitannya di berbagai bidang.

Salah satu diantaranya adalah sektor ekonomi . Tercatat, cukup banyak perusahaan-perusahaan besar yang turut memproduksi berbagai produknya di China, termasuk perusahaan teknologi sekalipun.

Baca jaga : 90 Perusahaan Teknologi China Bergabung Bangun Industri Chipset Lokal

Dalam hal ini, ada beberapa alasan yang mendasari perusahaan-perusahaan ini membuka pabrik manufakturnya di China. Salah satu yang paling umum adalah karena Beijing sendiri memiliki ketersediaan bahan baku komponen produknya.

Berikut lima perusahaan teknologi dunia yang memproduksi produknya di China :

1. Apple

Brand yang satu ini tentu sudah cukup familiar bagi sebagian orang. Perusahaan asal California, Amerika ini diketahui melakukan sebagian besar produksinya di China. Dikutip dari laman Ejet Sourcing, ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Pertama, kerja sama ini dianggap saling menguntungkan baik untuk Apple maupun China sendiri. Untuk diketahui, ada sekitar 46 persen pemasok Apple yang berstatus sebagai produsen dan perusahaan China.

Kemudian, biaya produksi Apple di China lebih murah. Untuk diketahui, upah kerja rata-rata di China relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan AS. Maka dari itu, mereka bisa menekan biaya produksi namun terus menghasilkan margin penjualan yang besar.

Selain itu, alasan lainnya adalah sebagian besar suku cadang Apple dibuat di China. Tak sampai disitu, Negeri Tirai Bambu juga dikenal sebagai salah satu pasar produk Apple terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)