Subsidi Gaji Cair Minggu Ini, BLT dan Bansos Diharapkan Kurangi Angka Kemiskinan

Selasa, 06 September 2022 - 16:36 WIB
loading...
Subsidi Gaji Cair Minggu Ini, BLT dan Bansos Diharapkan Kurangi Angka Kemiskinan
Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata memberikan bocoran bahwa bantuan subsidi upah (BSU) bakal cair minggu ini. Foto/Dok Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata memberikan bocoran bahwa bantuan subsidi upah (BSU) bakal cair minggu ini. Ia menjelaskan, BLT (bantuan langsung tunai ) sudah mulai disalurkan melalui koordinasi bersama dengan Kementerian Sosial, Pos Indonesia, serta Kementerian Tenaga Kerja.

“Kemudian nanti Insya Allah minggu ini juga akan segera dimulai distribusi untuk para pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan, yang akan dikoordinasikan oleh Kementerian tenaga kerja,” ujar Isa di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Catat! Menaker Bakal Percepat Pencairan Subsidi Gaji Bulan Depan

Isa menyebut kebijakan pengalihan subsidi BBM dilakukan untuk melindungi daya beli masyarakat miskin dan rentan melalui penyaluran bantuan sosial (bansos) antara lain dalam bentuk BLT, BSU, serta 2% dana transfer umum (DTU) untuk subsidi transportasi angkutan umum, ojek, nelayan dan perlindungan sosial tambahan.

“Ini dimaksudkan untuk menjaga daya beli kapasitas dari semua masyarakat kita yang ada di lapisan bawah,” tambahnya.

Dalam penyalurannya, pemerintah menjamin penyaluran dana subsidi dilakukan dengan transparan, yaitu melalui proses verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dilanjutkan dengan proses audit anggaran yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara, untuk dana bantuan sosial (bansos) data akan diverifikasi, divalidasi dan diperbaharui oleh Kementerian Sosial melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Setelah pembayaran dilakukan tentunya kita akan melakukan audit juga. Jadi hal itu akan memastikan bahwa kita membayarkan menggunakan anggaran kepada orang yang betul-betul berhak, dalam hal ini mereka yang miskin dan rentan miskin,” ujar Isa.

Baca Juga: BLT Gaji Rp600.000 Bakal Cair Minggu Depan, Ini Cara Mengeceknya

Di sesi akhir, dia memprediksi pemberian sejumlah bantuan sosial ini selain untuk menjaga daya beli mayarakat juga berperan untuk mengurangi angka kemiskinan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1786 seconds (10.55#12.26)