Ratu Elizabeth II Tinggalkan Warisan Rp7,4 Triliun, Ini Tiga Sumber Kekayaan Kerajaan Inggris

Jum'at, 09 September 2022 - 09:43 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II Tinggalkan Warisan Rp7,4 Triliun, Ini Tiga Sumber Kekayaan Kerajaan Inggris
Ratu Elizabeth II menunggu di Ruang Gambar di Kastil Balmoral, Skotlandia sebelum menerima Liz Truss, yang terpilih menjadi Perdana Menteri. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun setelah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Pimpinan monarki terlama dalam sejarah Inggris itu meninggal di Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) malam atau tengah malam waktu Indonesia Barat.

Kepala negara Inggris Raya, Kanada, Australia, Papua Nugini, hingga Bahama itu menjadi simbol kemakmuran Kerajaan Inggris yang bertahan dari generasi ke generasi. Ratu Elizabeth II meninggalkan warisan mencapai USD 500 juta atau setara Rp7,4 triliun.

Sepeninggal Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, sebagai putera tertua secara otomatis menjadi Raja Inggris dan istrinya, Camilla menjadi permaisuri. Sebagaimana layaknya institusi besar lain di dunia, Kerajaan Inggris juga membutuhkan dana besar untuk menopang operasionalisasinya, mulai dari urusan kerumahtanggaan, perawatan aset, hingga kehidupan keluarga kerajaan.



Di balik kemakmuran Kerajaan Inggris terdapat sejumlah sumber pendanaan. Mayoritas dana dihasilkan dari pengelolaan atas aset properti yang skalanya raksasa dan dikelola oleh lembaga khusus.

Melansir CNN, tiga sumber utama kekayaan Kerajaan Inggris antara lain Sovereign Grant, The Duchy of Lancaster dan properti maupun investasi milik masing-masing anggota kerajaan. Sovereign Grant merupakan dana yang diberikan dari pemerintah Inggris untuk berbagai pengeluaran Royal Household.

Adapun sejumlah pengeluaran pengeluaran tersebut, antara lain perjalanan, keamanan, staf, dan pemeliharaan istana kerajaan. Sovereign Grant dikelola oleh HM Treasury. Mereka bertanggung jawab memantau penerapan Sovereign Grant agar sesuai dengan Nota Kesepahaman antara HM Treasury dan Royal Household.

Sumber dana Sovereign Grant berasal dari Crown Estate, yang mana merupakan koleksi properti dan perkebunan yang menghasilkan uang hingga ratusan miliar pound tiap tahun. Sebagian besar pendapatan dari Crown Estate masuk ke pemerintah, tetapi sekitar 15 persen hingga 25 persen diberikan kepada Ratu dalam bentuk Sovereign Grant. Sumber penghasilan atas properti itu didapat dari masa-masa kolonialisme Inggris menguasai sejumlah wilayah di dunia.



Sementara pendapatan diperoleh dari The Duchy of Lancaster, komplek pribadi yang terdiri dari komersial, pertanian, dan perumahan yang berdiri sejak 1265. The Duchy of Lancaster dikelola terpisah dari Crown Estate dengan tujuan menyediakan sumber pendapatan independen dan digunakan terutama membayar pengeluaran resmi yang tidak dipenuhi oleh Sovereign Grant.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)