7 Negara Penghasil Batuan Fosfat Terbesar di Dunia

Selasa, 13 September 2022 - 16:11 WIB
loading...
7 Negara Penghasil Batuan Fosfat Terbesar di Dunia
Terdapat beberapa negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia yang bisa diketahui. Foto DOK Kabupaten Blora
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia yang bisa diketahui. Melihat dari riwayatnya, produksi global tahunan fosfat cukup besar. Hal ini belum termasuk sumber cadangannya yang tak kalah besar.

Fosfat sendiri mengandung fosfor dan ditemukan dalam bentuk batuan fosfat yang kemudian diolah menjadi diamonium fosfat serta turunan pupuk lainnya.

Baca juga : Deretan Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

Dilansir dari laman Statista, berikut tujuh negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia :

1. China

Sebagai salah satu negara berpengaruh di dunia, China juga memiliki sederet sektor menjanjikan dan menjadi andalan. Negara di kawasan Asia Timur ini diketahui sebagai negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia.

Menurut data Statista, produksi batuan fosfat China pada tahun 2021 mencapai angka 85 juta metrik ton. Besaran tersebut jauh melampaui negara-negara lain di dunia yang bahkan tidak mencapai angka 40 juta metrik ton produksi.

2. Maroko

Maroko merupakan negara paling barat di wilayah Maghreb, Afrika Utara. Negara mayoritas Islam ini berbagi perbatasan dengan Aljazair di timur dan Sahara Barat di selatan.

Pada tahun 2021, Maroko tercatat sebagai produsen batuan fosfat terbesar kedua di dunia. Hasil produksinya sendiri mencapai 38 juta metrik ton fosfat. Meski terpaut cukup jauh dengan China di peringkat teratas, setidaknya Maroko bisa mengungguli negara adidaya lain seperti AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1415 seconds (10.177#12.26)