Setelah Dua Tahun Vakum, Ajang Unjuk Produk Kriya Kembali Digelar

Rabu, 21 September 2022 - 17:57 WIB
loading...
Setelah Dua Tahun Vakum, Ajang Unjuk Produk Kriya Kembali Digelar
Pameran Produk kriya kembali digelar setelah dua tahun vakum. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas ) kembali menggelar pameran Kriyanusa 2022, setelah vakum dua tahun. Pameran yang berlangsung 21-25 September 2022 di Hall A Jakarta Convention Center ini mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing”.

Baca juga: Kolaborasi Menjadikan Wastra Tampil di Panggung Internasional

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Wury Ma’ruf Amin.

Dekranas yang berdiri sejak 3 Maret 1980 telah menjadi pionir wadah berhimpunnya para penggiat industri kerajinan nasional. Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya.

Elizabeth Thohir, Ketua Pameran Kriyanusa 2022, mengatakan tujuan utama pameran adalah membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda (Dekranas daerah) dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja usaha serta menampilkan produk unggulan.

“Industri kerajinan merupakan salah satu sektor yang mampu beradaptasi dan berinovasi di tengah dampak pandemi sehingga dapat bertahan, bahkan mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN),” Elizabeth Thohir, Rabu (21/9/2022).

Setiap tahunnya, Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan Ikon Kriyanusa tahun ini adalah dari Provinsi Lampung berupa Motif Pucuk Rebung dan Motif Raja Medal.

Reni Yanita, Sekretaris Jenderal Dekranas sekaligus Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, menambahkan Pameran Kriyanusa 2022 menampilkan produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan Indonesia kian dikenal dunia.

Pameran ini juga positif sekali sebagai upaya mendorong produk-produk kerajinan Indonesia semakin mendunia. Selain itu Kriyanusa merupakan pameran kerajinan yang ditunggu-tunggu masyarakat tidak hanya Indonesia, tapi mancanegara.

"Karena menampilkan produk kerajinan unggulan daerah yang dihasilkan oleh pelaku-pelaku IKM yang kompeten dan berdaya saing,” kata Reni.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1704 seconds (11.210#12.26)