Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM di Daerah 3T

Kamis, 22 September 2022 - 21:00 WIB
loading...
Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM di Daerah 3T
Petugas PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan BLT BBM ke seorang warga Desa Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
A A A
BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) diberi target pemerintah untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) selama dua minggu di seluruh Indonesia. Hingga Kamis (22/9/2022) pukul 11.30 WIB, BLT BBM telah disalurkan kepada 19.035.373 keluarga penerima manfaat (KPM) dari total 20,21 juta KPM.

“Alhamdulillah belum mencapai dua minggu, penyaluran telah mencapai 78,44% dari total 20,65 juta KPM. Penyaluran ini menuai apresiasi karena sistemnya baik, langsung dirasakan oleh masyarakat, dan membantu meningkatkan daya beli,” kata Plt Direktur Bisnis, Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/9/2022).

(Baca juga:Bantuan Langsung Tunai untuk Warga Palopo Mulai Disalurkan)

Untuk mengejar sisa target penyaluran, saat ini Pos Indonesia fokus pada penyaluran di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terpencil). Bukan hal mudah tentunya, sebab petugas juru bayar Pos menghadapi medan topografi dalam konteks geografis, dan tentu faktor alam yang bisa mengancam keselamatan.

“Kami sudah mulai penyaluran di daerah 3T. Penyaluran di sana bergantung pada cuaca, juga ada yang menggunakan dua moda transportasi darat dan air (sungai/laut). Begitu ada perubahan cuaca, mereka mengubah jadwal, berkoordinasi dengan pemda setempat,” kata Tonggo.

(Baca juga:Merasa Mampu, Petani di Sleman Kembalikan Bantuan Langsung Tunai)

Dalam menyalurkan BLT BBM di daerah 3T, Pos Indonesia menerjunkan tim khusus. Mengingat harus berhadapan dengan medan yang berat dan menantang, petugas juru bayar tentu mengalami suka dan duka.

“Kami menggunakan tim khusus karena berkaitan dengan daya tahan. Ada tim yang kehabisan bekal, mereka menahan lapar dan dahaga dalam waktu cukup lama. Luar biasa teman-teman pejuang bansos mengantarkan ke KPM di daerah 3T. Syukur, teman-teman bersemangat karena begitu melihat wajah penuh syukur KPM yang menerima bantuan, mereka ikut senang,” tutur Tonggo.

Salah satu daerah 3T yang cukup menantang yaitu wilayah Papua. Lantaran kondisi topografi yang terdiri atas lereng, lembah, daratan, dan gunung, penyaluran BLT BBM di Papua memerlukan penanganan tersendiri.

(Baca juga:168 Warga Desa Mappakalompo Takalar Dapat Bantuan Langsung Tunai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)