Hari Tani Nasional, Erick Thohir Singgung Perlindungan dan Kesejahteraan Petani

Sabtu, 24 September 2022 - 18:18 WIB
loading...
Hari Tani Nasional, Erick Thohir Singgung Perlindungan dan Kesejahteraan Petani
Peranan petani ke depan akan semakin penting dengan kebutuhan pangan yang juga meningkat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bertepatan momentum Hari Tani Nasional yang diperingati setiap 24 September, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pemerintah hadir untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Erick menyebut Indonesia sebagai negara agraris sehingga perlindungan dan pemberdayaan negara kepada petani wajib dilakukan.

"Sebagai negara agraris, sudah kewajiban bagi negara hadir untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani," ungkap Erick melalui akun Instagram, Sabtu (24/9/2022).



Dia mengklaim perlindungan dan peningkatan kesejahteraan para petani dilakukan pemerintah antara lain melalui program Makmur yang digagas PT Pupuk Indonesia (Persero).

Dalam program tersebut perseroan melakukan pendampingan para petani sehingga mereka bisa produktif dan mampu menghasilkan produk yang unggul.

Adapun Pupuk Indonesia mendampingi petani untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian lewat teknologi dan permodalan

"Selain itu, PMN Mekaar juga membantu para istri petani dengan menyediakan modal usaha, sehingga para ibu juga punya kesempatan meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.



Peringatan Hari Tani Nasional, 24 September 2022, di tengah krisis global dan ancaman krisis pangan dunia, patut menjadi momentum menggugah apresiasi dan keberpihakan kepada insan pertanian.

Pertanian Indonesia terbukti mampu menjadi bantalan perekonomian negara di tengah krisis pandemi dan penyokong utama pangan di dalam negeri.

Peranan petani ke depan akan semakin penting dengan kebutuhan pangan yang juga meningkat. Food and Agriculture Organization (FAO) bahkan menyebut ketahanan pangan ke depan akan terancam seiring perubahan iklim dan krisis global akibat kondisi politik dunia terkini. "Selamat Hari Tani," tulis Erick Thohir.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)