Tingkatkan Ekonomi Papua, BIN Bangun Gedung Papua Youth Creative Hub

Minggu, 25 September 2022 - 13:30 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Papua, BIN Bangun Gedung Papua Youth Creative Hub
Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah membangun Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Lahan seluas 2 hektare yang rencananya digunakan untuk Gedung PYCH tersebut sebelumnya berfungsi sebagai Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Lahan tersebut dihibahkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari kepada Badan Intelijen Negara (BIN) untuk dibangun Gedung PYCH dan proses administrasinya diprediksi rampung kurang dari sebulan ke depan.

"Hibah tanah untuk kegiatan Papua Muda Inspiratif Papua Youth Creative Hub. Tanah yang dihibahkan seluas 2 hektar," kata Wakil Bupati Kabupaten Manokwari Edi Budoyo di sebuah rumah makan daerah Pasir Putih, Kecamatan Manokwari Timur, Manokwari, Papua Barat dilansir melalui pernyataan tertulis, di Jakarta, Minggu (25/9/2022).



Menurut dia, saat ini lahan yang akan dihibahkan masih dalam proses sertifikasi tanah oleh dinas terkait. Ia berharap dengan dibangunnya Gedung PYCH di Manokwari, para pemuda dapat melakukan kegiatan inspiratif, positif, menambah keterampilan, dan soft skill mereka, demi menunjang percepatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Kordinator PMI Wilayah Papua Barat, Simon Tabuni menyambut baik adanya pembangunan PYCH di Manokwari. Ia berterima kasih kepada BIN, Pemda, dan semua pihak yang mendorong terwujudnya pembangunan tersebut.

"Itu luar biasa sekali kalau ada PYCH di Papua Barat. Kebetulan PMI ada di 9 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat," kata Simon didampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya di Sekretariat PMI Papua Barat, Amban, Distrik Manokwari Barat.

Menurut Simon, Gedung PYCH itu akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua, khususnya di Papua Barat. Nantinya bakal ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta-talenta muda agar bisa meningkatkan sumber daya manusia. Simon menyatakan PMI dan BIN totalitas tingkatkan ekonomi masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Ditinjau Langsung BIN

Pembuatan Gedung PYCH di Manokwari ini digagas Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta disambut antusias pemuda dan masyarakat Papua. Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya meninjau langsung lokasi lahan yang dihibahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)