Enam Klaster Pemulangan TKI Disiapkan, Menhub Budi Karya Ingin Satu Pintu

Senin, 27 April 2020 - 15:30 WIB
loading...
Enam Klaster Pemulangan TKI Disiapkan, Menhub Budi Karya Ingin Satu Pintu
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dapat melalui satu pintu saja. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dapat melalui satu pintu saja. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Gugus Tugas Penanganan Corona untuk pemulangan TKI selama masa pandemi Covid-19.

Menurutnya saat ini terdapat 150 perusahaan swasta yang tengah diproses dalam pemulangan tenaga kerja. Sementara itu, Menhub menginginkan tidak perlu proses yang bermacam-macam serta menekankan proses yang dilakukan juga harus berurut agar sesuai dengan protokol kesehatan. Nantinya akan ada ada 6 cluster penerbangan untuk pemulangan TKI ini.

Adapun TKI yang bakal dipulangkan dari China menjadi kloter pertama. “Saya usulkan Pak Doni (Kepala Gugus Tugas Penanganan Corona) agar ini satu pintu saja,” kata Budi dalam konferensi video sekretariat kabinet di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Saat ini dalam proses pemulangan TKI ke Indonesia terdapat enam klaster. Pemulangan TKI akan dilakukan dari Amerika Serikat, Jepang, Korea, China, Timur Tengah, dan Eropa. "Nanti yang dateng TKI dari China saya minta satu titik saja," ujar Menhub.

Dia mengatakan telah berbicara intensif dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam mempersiapkan pemulangan TKI ini. "Kita hanya menyiapkan satu tempat penerbangan menuju penerbangan (pulang). Nanti di Jakarta protokol kesehatan silakan dilakukan. Tugas dari KBRI siapapun pihak yang kumpulkan ke titik itu ke jadwal yang sudah ditetapkan," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)