Dukung Ekonomi Kreatif, ICCN Terus Berjejaring hingga ke Daerah

Senin, 26 September 2022 - 20:00 WIB
loading...
Dukung Ekonomi Kreatif, ICCN Terus Berjejaring hingga ke Daerah
ICCN akan menggelar rakornas guna mendorong perkembangan ekonomi kreatif. Foto/ViolaTriamanda/MPI
A A A
JAKARTA - Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang bertujuan menggalang sinergi serta saling mendukung pengembangan ekonomi kreatif , menggelar program rapat tahunan koordinasi nasional (rakornas) ICCN yang setiap tahunnya diselenggarakan di kota atau kabupaten yang berbeda-beda. Ketua Umum ICCN, Fiki Satari, mengatakan bahwa pihaknya sadar bahwa kreativitas adalah arus besar perubahan menuju Indonesia yang lebih baik lagi.



"Oleh sebab itu kami berjejaring, membangun sinergi dalam Indonesia Creative Cities Network sebagai rumah besar bersama," jelasnya saat jumpa pers di Gedung Inews, Senin (26/9/22).

Dia melanjutkan bahwa tahun ini ICCN melaksanakan Rakornas ICCN 2022 dengan mengusung tema "Jejaring Lokal Keren" mulai dari 27 hingga 29 September 2022 di Jakarta. Kegiatan ini akan dihadiri oleh delegasi 225 dari total 240 kota/kabupaten jejaring ICCN, di antaranya Kanot Bu dari Nanggroe Aceh Darussalam, Medan Creative Movement dari Sumatra Utara, juga Numbay Creative Forum dari Papua.

Juga akan dihadiri lebih dari 10 kepala daerah, sejumlah menteri, pejabat, tokoh lainnya. Mereka di antaranya adalah Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, serta Ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF) Handoko Hendroyono.

Tuan Rumah Rakornas ICCN 2022 adalah Jakarta Creative City Forum sebagai jejaring ICCN di Jakarta. JCCF merupakan sebuah inisiatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kreativitas lokal, ekonomi, serta industri kreatif di Jakarta, dengan mengoptimalkan dan memberdayakan segala potensi yang dimiliki Jakarta.

JCCF memberikan manfaat seluas-luasnya bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, menghadirkan kepribadian serta kepekaan yang baik, menghargai dan memuliakan nilai-nilai keragaman budaya serta jati diri, juga menjadikan Jakarta sebagai creative industry hub untuk kawasan Asia-Pasifik. Tentunya dengan menerapkan kolaborasi pelaku kreatif dari unsur Hexa Helix, yaitu akademisi, pengusaha/UMKM, komunitas, pemerintah pusat dan daerah, media, serta agregator seperti lembaga keuangan dan inkubator.

Rangkaian acara bertempat di beberapa titik lokasi, yaitu SMESCO, iNews Tower, Sarinah, Pos Bloc, dan M Bloc Space. Dengan kegiatan mulai dari seminar nasional, talk show jejaring, hingga bersama mengunjungi pusat-pusat kreatif di Jakarta dalam sesi "Telusur Lokal" (creative tour).

Rangkaian kegiatan juga fokus mengumpulkan potensi dari forum lintas komunitas dari seluruh Indonesia yang menjadi jejaring ICCN, konsolidasi kerja dan strategi kegiatan ICCN di tahun 2022 juga 2023, serta penguatan kepengurusan jejaring ICCN di seluruh Indonesia.

"ICCN per hari ini telah menghimpun lebih dari 200 jejaring kota/kabupaten se-Indonesia, maka dari itu rakornas selalu menjadi helatan akbar yang menguatkan tali-temali jejaring kreatif, serta merupakan momen konsolidatif, melahirkan gagasan dan inovasi bagi ekosistem kreatif Indonesia," tegas Fiki Satari.



Rakornas ICCN 2022: "Jejaring Lokal Keren" di Jakarta, 27-29 September 2022 ini didukung penuh oleh Mahaka X, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pupuk Indonesia, PLN, PLN Mobile, Telkomsel, MNC Group, MotionBanking, MotionPay, GoTo, Tiket.com, dan sponsor lainnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2941 seconds (0.1#10.140)