KALGen Innolab Kenalkan Layanan Pemeriksaan Genomik

Selasa, 27 September 2022 - 17:09 WIB
loading...
KALGen Innolab Kenalkan Layanan Pemeriksaan Genomik
Pemeriksaan Genomik Molekular dengan Teknologi Next Generation Sequencing (Foto: Fasilitas KALGen INNOLAB)
A A A
JAKARTA - KALGen Innolab merupakan laboratorium join investasi antara PT Kalbe Farma Tbk dengan perusahaan Jepang, yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaiknya di bidang kesehatan, terutama layanan pemeriksaan genomik molekuler guna mendukung pengobatan yang lebih presisi.

Diagnostik molekuler menganalisa penanda biologi secara genomik atau proteomik sehingga dapat menghasilkan informasi mengenai tubuh seseorang. Tergantung dari tes yang dilakukan, hasil diagnostik molekuler dapat digunakan untuk gaya, risiko penyakit hingga diagnosa penyakit menular bahkan penyakit kanker.

dr. Virgi Saputra, Senior Marketing Manager PT Innolab Sains Internasional (KALGen Innolab) menuturkan “Pola hidup, risiko penyakit, hingga pengobatan akan terus berkembang ke arah personalized atau bergantung dari DNA tiap individu. KALGen Innolab akan diarahkan untuk terus berkontribusi dan mengembangkan testing diagnostik molekuler mengikuti pesatnya perkembangan di era personalized medicine di Indonesia.” tuturnya.

Sebagai contoh, terapi kanker paru tidak lagi hanya memiliki pilihan pengobatan secara kemoterapi namun juga dapat dengan obat personalized medicine atau yang kita sebut obat terapi target dan juga imunoterapi. Pasien yang sudah terdiagnosa kanker paru akan selanjutnya melakukan tes diagnostik molekuler dengan salah satu contohnya yaitu tes mutasi EGFR (epidermal growth factor receptor) dengan metode RT-PCR, serta ALK dan PD-L1 dengan metode imunohistokimia.

EGFR merupakan salah satu dari berbagai jenis mutasi gen yang cukup sering diperiksakan pada kanker paru, karena hasilnya berpengaruh pada penentuan pemberian obat terapi target yang berbentuk obat tablet minum. Selain tes mutasi EGFR, ada gen-gen lain yang cukup sering ditemukan dalam kasus kanker paru setidaknya ada 12 Gen yaitu EGFR, ALK, ROS1, KRAS, NRAS, BRAF, MET, RET, PIK3CA, MAP2K1, ERBB2, dan TP53.

Proses pemeriksaan bertahap untuk masing-masing gen ini membuat pasien memerlukan waktu tunggu yang cukup lama sampai pemilihan terapi dapat diputuskan yang, melihat adanya urgensi pasien kanker paru harus segera ditangani ini maka KALGen Innolab dengan menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS) menghadirkan pemeriksaan multigenes panel atau yang disebut OncoPANEL-Lung yang merupakan tes diagnostik molekuler yang terdiri dari 12 gen atau biomarker yang sering dideteksi pada kanker paru, yang memiliki manfaat dalam membantu menentukan prognosis serta pemilihan regimen terapi dengan akurasi tinggi dan cepat.

Selain digunakan untuk diagnostik penyakit pasien, diagnostik molekuler dapat digunakan juga sebagai Risk Assessment untuk kewaspadaan risiko kanker dan wellness. Contoh diagnostik molekuler dalam kewaspadaan risiko kanker adalah dengan tes mutasi gen BRCA 1-2. Mutasi BRCA 1-2 banyak berhubungan dengan faktor keturunan. Hasil positif pada mutasi gen BRCA 1-2 juga dapat berarti adanya profil risiko kanker payudara, prostat, ovarium, pankreas dan prostat yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata populasi pada umumnya, sehingga beberapa aktivitas medical check-up rutin dapat disarankan oleh dokter.

Lalu, di era ini awareness masyarakat terhadap meningkat sehingga pola gaya hidup juga menjadi fokus penting. Diagnostik molekuler pun berperan dalam mengarahkan pola gaya hidup yang baik tergantung dari hasil tes DNA masing-masing individu. Contoh tes wellness seperti Nutrigenme dapat diperiksakan cukup satu kali seumur hidup dengan hasil list makanan yang baik untuk dimakan, olahraga dan kecenderungan penyakit metabolisme yang dapat terjadi sesuai dengan hasil tes DNA individu.

Testing-testing yang diadakan di KALGen Innolab diharapkan dapat membantu banyak orang dan dokter untuk menunjang diagnosa yang tepat dan memilihkan treatment terbaik untuk pasien.

Laboratorium Klinik KALGen Innolab berada di bawah PT Innolab Sains Internasional merupakan perusahaan joint venture antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Toyota Tsusho Corporation (TTC) dan Health Science Research Institut, Inc. (HSRI), atau ‘Hoken Kagaku Kenkyujo (HKK)’ dalam bahasa Jepang.

Sebagai perusahaan patungan investasi asing pertama di bidang Laboratorium Klinik yang mendapatkan perijinan Kementerian Kesehatan RI, KALGen Innolab diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan masyarakat pada umumnya, khususnya terkait pemeriksaan spesialistik dengan standar Jepang yang telah dikenal luas memiliki jaminan kualitas terbaik.

Dapatkan informasi lengkap mengenai KALGen Academia dan KALGen Innolab melalui instagram KALGen Innolab .
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1971 seconds (10.55#12.26)