Simak Nih! 4 Tips Sederhana Menjaga Kelestarian Air Bersih dari MotionPay

Kamis, 29 September 2022 - 10:35 WIB
loading...
Simak Nih! 4 Tips Sederhana Menjaga Kelestarian Air Bersih dari MotionPay
Empat tips sederhana yang telah dirangkum oleh MotionPay berikut ini dapat diterapkan untuk menjaga kelestarian sumber daya air di lingkungan Anda. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Air adalahsumber kehidupan utama bagi manusia. Tak hanya untuk keperluan minum, air juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi, mencuci, memasak, hingga fungsi yang lebih luas seperti pengairan, media transportasi, keperluan industri, dan lainnya.



Di sisi lain, meski 70% bumi dipenuhi air, hanya 3% berupa air bersih yang dapat digunakan oleh manusia. Oleh karena itu, peran manusia sangat dibutuhkan dalam menjaga kualitas dan kelestarian air bersih. Untuk itu, simak 4 tips sederhana dalam nejaga kelestarian air bersih di lingkungan tempat tinggal Anda sesuai yang telah dirangkum oleh MotionPay berikut ini:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dan kelestarian air. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah atau limbah rumah tangga Anda pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan ke saluran air atau ke sungai akan menyebabkan pencemaran air karena sungai merupakan salah satu sumber air bersih yang nantinya dikelola dan disalurkan ke rumah Anda.

2. Menghemat Penggunaan Air
Karena keberadaan air bersih di Bumi terbatas, Anda perlu menghemat penggunaan air untuk menghindari krisis air bersih. Menghemat air dapat Anda lakukan dengan menutup keran jika tidak digunakan, menampung air hujan untuk menyiram tanaman, menggunakan shower untuk mandi, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan secara konsisten untuk mencegah terjadinya krisis air bersih.

3. Menanam Pohon
Penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal Anda akan meningkatkan resapan air tanah, sehingga turut membantu menjaga kelestarian air. Oleh karena itu, Anda dapat mulai menanam pohon di lingkungan sekitar Anda untuk menjaga sumber resapan air.

4. Perhatikan Saluran Air
Ketika membangun saluran air, berikan jarak setidaknya 10 meter antara saluran air bersih dengan saluran pembuangan toilet untuk menjaga kualitas sumber air bersih. Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan saluran air secara rutin. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada saluran atau pipa air yang bocor atau rusak agar tidak terjadi pemborosan air. Pipa air yang terbuat dari besi juga perlu diperhatikan karena jika rusak atau usang, akan timbul karat yang menyebabkan pencemaran kualitas air.



Managing Director Motion Technology Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa kelancaran pasokan air bersih di rumah dapat dipastikan dengan melakukan pembayaran tagihan PDAM secara rutin setiap bulan. Pembayaran tagihan termasuk tagihan PDAM dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MotionPay. Pembayaran tepat waktu akan memastikan layanan air bersih Anda tetap berjalan lancar.

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance). Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay

#LifeInMotion #MovingForward with #MotionPay #MNCFinancialServices #PDAM
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1167 seconds (0.1#10.140)