Dirut PLN Didapuk Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Kamis, 29 September 2022 - 18:28 WIB
loading...
Dirut PLN Didapuk Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo didapuk sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sukses mentransformasi PLN dalam menopang pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi Covid-19, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo didapuk sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya di acara Rakyat Merdeka Award 2022 memaparkan bahwa Indonesia tengah menghadapi ancaman krisis finansial dan iklim. Dalam menghadapi tantangan itu, ada beberapa langkah yang akan dijalankan pemerintah. Salah satunya adalah memproduksi energi bersih.

Baca Juga: Profil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Raih Gelar Doktor dari Texas A&M University

Orang nomor satu Indonesia itu menegaskan, Indonesia akan terus mengembangkan energi bersih dan ekonomi hijau. Jokowi optimistis, melalui sinergi semua elemen bangsa, Indonesia akan mampu mengatasi tantangan-tantangan yang ada. "Selamat kepada semua pemenang Rakyat Merdeka Award. Semoga kerja keras dan dedikasi semua menjadi inspirasi masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia," tutur Jokowi dalam siaran pers yang diterima, Kamis (29/9/2022).

Di bagian lain, Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara menjelaskan anugerah ini adalah bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh yang berjibaku menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat Covid-19. Usaha dan inovasi tokoh-tokoh tersebut bersama masyarakat terbukti berkontribusi dalam menjaga perekonomian nasional.

Dalam hal ini, kata dia, termasuk yang dilakukan Dirut PLN Darmawan Prasodjo yang dinilai sukses melakukan tranformasi digital kelistrikan nasional. Selama Darmawan memimpin, kata dia, tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan PLN kepada pelanggan juga sangat memuaskan. Hal ini juga tergambar dari survei yang digelar Rakyat Merdeka.

"Dengan kerja keras dan kreativitas, di masa pandemi PLN malah pendapatannya naik signifikan. Ini berkat kerja keras. Di tengah pandemi banyak kerja keras dari semua pahlawan ini sehingga kita semua untuk bisa berhasil keluar dari Covid-19," ujar Kiki.

Dirut PLN Darmawan Prasodjo pun menyambut baik penghargaan yang diberikan kepadanya sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. Ia mengatakan bahwa PLN tengah melakukan transformasi demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
Melalui aplikasi PLN Mobile, BUMN kelistrikan ini membangun ekosistem pelayanan terintegrasi yang menyambungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor PLN.

"Dalam transformasi ini ada program digitalisasi. Sehingga proses pelayanan listrik di PLN menjadi cepat dan prosesnya termonitor secara real time. Ini adalah perubahan cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis," papar Darmawan.

Baca Juga: Wilayah Ukraina Pilih Gabung Rusia, Medvedev: Selamat Datang!

PLN juga telah mendapat sertifikat INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian di mana PLN menjadi salah satu penerima sertifikat dengan poin tertinggi. Dengan skor 3.5, yang didapat oleh PLN, ini menandakan PLN dalam posisi siap dalam menghadapi era industri 4.0.

"Target 3.5 ini sebenarnya dicanangkan oleh Kementerian BUMN untuk tahun 2024. Tapi kami berhasil mencapainya tahun ini. Hal ini karena kami melakukan digitalisasi secara end to end. Mulai dari energi primer, pembangkit, transmisi, distribusi, retail, sampai beyond kWh," jelas Darmawan.

"Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini. Di balik transformasi Digital PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan terus bersinergi untuk Indonesia tumbuh yang lebih kuat," tutupnya.
(fai)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1418 seconds (11.210#12.26)