Laut Topang Kehidupan 60% Penduduk RI, Masyarakat hingga Perusahaan Diajak Lindungi Alam

Minggu, 02 Oktober 2022 - 10:11 WIB
loading...
Laut Topang Kehidupan 60% Penduduk RI, Masyarakat hingga Perusahaan Diajak Lindungi Alam
Mahasiswa membersihkan sampah di pesisir mangrove di Jawa Timur. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Laut merupakan sumber kehidupan sekaligus penopang perekonomian bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Keseriusan dalam menjaga laut dan seisinya, termasuk dari dampak perubahan iklim, harus menjadi gerakan dan kampanye bersama.

Menjadi negara kepulauan, dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan dan menopang kehidupan bagi lebih dari 60% penduduk Indonesia.

Fisheries Program Planning Manager Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) Laksmi Larastiti mengatakan, ekosistem laut dan pesisir yang sehat menjadi tumpuan penghidupan dan kesejahteraan rakyat, sekaligus menjadi salah satu modal alam utama dalam upaya mitigasi perubahan iklim berbasis alam.

“Terumbu karang, ladang lamun, hingga hutan mangrove yang ada di pesisir pantai berperan sebagai penyerap karbon. Ketika terumbu karang, ladang lamun, dan mangrove terjaga, biota laut lainnya pun bisa tetap lestari,” ujarnya melalui siaran pers terkait penyelenggaraan Misi Lestari, dikutip Sabtu (2/10/2022).

Baca juga: Negara yang Pernah Mengklaim Laut Natuna Sebagai Wilayahnya, Siapa Saja?

Dia menuturkan, laut Indonesia yang kaya kini harus berhadapan dengan fenomena perubahan iklim, praktik penangkapan ikan berlebihan, pengembangan kawasan pesisir maupun praktik penghidupan masyarakat pesisir yang tidak ramah lingkungan.

Menurut dia, misi untuk melestarikan alam utamanya ekosistem laut dan pesisir pun sejatinya diemban setiap insan Indonesia, yang kini bisa dilakukan melalui berbagai medium, seperti Misi Lestari yang digelar kembali tahun ini.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi, dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli pada alam melalui aktivitas keseharian yang edukatif.

Ajang ini menjadi misi kolektif untuk menata kembali koneksi antara manusia dan laut, demi mewujudkan laut yang sehat.

Mengangkat tema “Mission of The Ocean”, YKAN mengajak masyarakat untuk peduli laut dan menjaga kelestarian keanekaragaman biota laut Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1878 seconds (10.177#12.26)