Mantan Menteri Jokowi Jabat Presiden Komisaris Perusahaan Pialang Asuransi Asing

Minggu, 02 Oktober 2022 - 12:12 WIB
loading...
Mantan Menteri Jokowi Jabat Presiden Komisaris Perusahaan Pialang Asuransi Asing
Ignasius Jonan (kanan) ditunjuk sebagai Presiden Komisaris PT Marsh Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Marsh, perusahaan pialang asuransi dan pengelolaan risiko terkait asuransi terkemuka di dunia, menunjuk Ignasius Jonan sebagai Presiden Komisaris PT Marsh Indonesia, efektif sejak persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diperoleh.

Jonan menggantikan Alan Cheah, yang akan tetap berada dalam jajaran Dewan Komisaris sebagai Komisaris perseroan.

Sebagai Presiden Komisaris, Jonan akan memberikan nasihat strategis kepada Dewan Direksi perseroan dan berperan dalam meningkatkan edukasi terkait asuransi.

Utamanya adalah peran asuransi dalam mendorong keberhasilan bisnis di Indonesia dan menawarkan perlindungan bagi masyarakat, serta mempercepat pertumbuhan negara sebagai pasar yang sedang berkembang.

"Sebagai pemimpin pasar, Marsh Indonesia memegang peran krusial dalam memberikan layanan transfer risiko dan konsultasi yang berkontribusi dalam kesuksesan suatu bisnis,” kata Jonan melalui siaran pers, dikutip Minggu (2/10/2022).



Bersama Marsh, dirinya akan membantu membangun kesadaran akan pentingnya nilai program asuransi untuk keberlangsungan bisnis di Tanah Air.

“Saya berharap untuk dapat memberikan kontribusi terbaik di saat Marsh Indonesia terus mendorong pertumbuhan ekosistem yang sangat baik bagi industri asuransi,” tutur pria kelahiran Singapura.

Jonan diketahui memiliki rekam jejak pengalaman yang luas selama lebih dari 35 tahun di berbagai sektor mulai pemerintahan, publik dan swasta. Mulai dari sektor perbankan hingga perkeretaapian.



Di pemerintahan, presiden Joko Widodo (Jokowi) dua kali mempercayakan jabatan menteri kepada Jonan, yaitu sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2016-2019 dan Menteri Perhubungan periode 2014-2016.

Saat menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) selama 5 tahun pada 2009-2014, Jonan juga berperan besar dalam mentransformasi BUMN transportasi itu.

Alumnus Universitas Airlangga (Unair) itu meraih gelar Doktor Honoris Causa (HC) di bidang Akuntansi Unair dan merupakan penerima anugerah Lifetime Achievement Award dari Institute of Indonesia Chartered Accountants pada 2019, serta penghargaan Outstanding Achievement Award dari Fakultas Ekonomi dan Unair. Pria kelahiran 21 Juni 1963 itu menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari pemerintah RI pada 2020.

Terkait penunjukan Jonan, Presiden Direktur dan CEO PT Marsh Indonesia Douglas Ure menyatakan rasa bangga atas bergabungnya Ignasius Jonan sebagai Presiden Komisaris PT Marsh Indonesia.

“Pengalamannya dalam menjalankan kepemimpinan yang transformasional sangat berharga bagi Marsh di saat kami berupaya mewujudkan rencana dan ambisi untuk memperkuat layanan kami kepada klien dalam mengelola risiko yang mereka hadapi,” kata Douglas.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)