Padukan Bisnis Berkelanjutan dan Kontribusi ke Masyarakat, Perhutani Raih Best TJSL

Senin, 03 Oktober 2022 - 20:21 WIB
loading...
Padukan Bisnis Berkelanjutan dan Kontribusi ke Masyarakat, Perhutani Raih Best TJSL
Perhutani berupaya memadukan bisnis yang berkelanjutan dan kontribusi kepada masyarakat dalam tiga aspek yaitu lingkungan, pendidikan, dan UMKM. Foto/Instagram @perumperhutani
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN memastikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan pelat merah bisa memberikan kontribusi besar kepada masyarakat. Program tersebut pun dinilai menjadi keberpihakan perseroan kepada masyarakat.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, TJSL merupakan sebuah langkah yang dilakukan BUMN untuk bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya pendidikan, lingkungan hidup, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dia menyontohkan saat Covid-19, peran BUMN sangat besar dalam penanganan pandemi. Di mana, BUMN memberikan masker dan vaksinasi massal kepada 1,6 juta masyarakat di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Kota Medan.

"Kemudian UMKM juga diberikan bantuan modal, pelatihan dan bantuan lain agar tetap hidup serta yang terbaru melalui program Padi BUMN," ungkap Arya, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Pendapatan BUMN Tembus Rp2.292 Triliun, Erick Thohir Ungkap Strateginya

Dia mencatat, TJSL BUMN hingga September 2022 telah menggelar pasar murah di 70 kabupaten/kota, digitalisasi UMKM go online kepada sebanyak 30.000 UMKM binaan BUMN. Lalu, UMKM go global melalui produk UMKM di ekspor ke Turki dan Belanda.

"Ke depan akan ditambah ke 3 atau 4 negara lain, support pameran, off taker produk UMKM dan perizinannya dibantu agar dapat ekspor. Kemudian juga terdapat sekitar 260 rumah BUMN yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota untuk membantu UMKM melalui pelatihan, pendanaan, pendampingan dan lainnya," paparnya.

Sementara itu, salah satu BUMN yaitu Perum Perhutani berupaya memadukan bisnis yang berkelanjutan dan kontribusi kepada masyarakat dalam tiga aspek yaitu lingkungan, pendidikan, dan UMKM.

Baca juga: Dari Amerika hingga Ethiopia, Ekspor Kayu Olahan Perhutani Group Tembus 5 Benua

Program TJSL yang dijalankan Perhutani ini pun baru-baru ini meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Best Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan Awards 2022. Dalam ajang penghargaan yang digelar Warta Ekonomi itu, Perum Perhutani menyabet Best TJSL 2022 with Outstanding Initiatives of Community Development Programs (kategori Plantation and Forestry Industry).

Padukan Bisnis Berkelanjutan dan Kontribusi ke Masyarakat, Perhutani Raih Best TJSL


Sekretaris Perusahaan Asep Dedi Mulyadi mengatakan, penghargaan yang diraih menjadi kebanggaan tersendiri bagi Perum Perhutani untuk mendorong insan TJSL Perhutani agar dapat bekerja lebih baik lagi. “Sehingga, dapat terus memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan,” kata Asep.

Ke depan, kata dia, Perum Perhutani akan terus berkomitmen untuk mendukung program TJSL sehingga dapat berperan aktif untuk mengoptimalkan bisnis di sektor kehutanan serta peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1122 seconds (10.101#12.26)